Furnitur
Jan5

3 Tips Penting dalam Memilih Tempat Tidur Ideal

Kenyamanan dan keindahan merupakan faktor penting dalam memilih tempat tidur yang ideal. Tidak dipungkiri, kedua faktor ini akan berpengaruh besar terhadap kualitas ranjang, manfaatnya, serta tingkat kepuasan anda setelah memilih tempat tidur tersebut. Tapi, tahukah anda ada tiga faktor lagi yang harus anda perhatikan ketika ingin membeli suatu ranjang? Apakah itu?

tips-memilih-ukuran-tempat-tidur.jpg

Ukuran

Ukuran ranjang kasur yang tepat tergantung pada postur badan penghuni kamar, apakah bertubuh kecil, sedang, atau besar. Selanjutnya, sesuaikan juga ukuran tersebut dengan luas kamar tidur untuk menjaga keseimbangan ruangan. Perlu diketahui, ranjang tidur build-in memang bisa dipesan dengan ukuran yang sesuai keinginan. Tetapi, kadang-kadang sulit menemukan kasur yang cocok dengan ranjang berukuran tidak standar.

Memang benar, ada standar tersendiri untuk ukuran-ukuran ranjang tidur ini yang disesuaikan dengan ukuran kasur. Kami pernah membahasnya secara lengkap di sini. Sebagai gambaran, untuk anak-anak biasanya memakai ranjang twin bed dan extra long twin bed. Sedangkan untuk anak remaja, pilihan ranjang yang sesuai yaitu double bed. Sementara itu, ranjang ukuran queen, king, dan california king ditujukan untuk orang dewasa.

tips-memilih-jenis-tempat-tidur.jpg

Jenis

Selain dibedakan menurut ukurannya, ranjang juga terdiri dari beberapa jenis dan bentuk. Misalnya, ranjang jenis standar biasanya dilengkapi tempat penyimpanan tambahan di ujung, di dalam, atau di bawah kolong. Ada pula ranjang jenis bunk bed yang berbentuk tingkat dan biasanya diterapkan pada kamar tidur anak-anak. Untuk keluaran terbaru, ada ranjang jenis trundle bed yang bersifat fleksibel karena mudah diubah bentuk untuk menampung satu orang ataupun dua orang.

Jenis ranjang juga dapat dibedakan menurut tinggi rendah ranjang yang anda butuhkan. Sesuaikan ketinggian ranjang ini dengan tinggi badan dan usia penghuni kamar. Ada juga ranjang yang dilengkapi box spring dan papan kayu. Sensasi tidur pada box spring menjadikan kasur lebih empuk karena memantul, sedangkan ranjang dengan papan kayu membuat strukturnya lebih kokoh.

tips-memilih-model-tempat-tidur.jpg

Model

Sebagai focal point ruangan, pemilihan ranjang harus disesuaikan dengan desain kamar tidur yang diusung. Misalnya, kamar tidur bergaya kontemporer lebih menekankan pada kesederhanaan ranjang, ornamen berupa garis halus yang rapi, serta panel kulit pada bagian headboardnya. Sebaliknya, untuk melengkapi kamar tidur tradisional, ranjang yang tepat terbuat dari bahan kayu, warna gelap, ukuran yang besar, serta ornamen berupa ukiran dekoratif.

Untuk kamar berdesain country, pilih bahan ranjang yang berasal dari kayu atau logam, serta hindari penggunaan cat glossy. Sementara itu, bila anda tertarik merancang desain elektik, anda bisa mencampurkan berbagai bahan material untuk membuat suatu tempat tidur. Contohnya, ranjang yang terbuat dari campuran bahan kayu dan logam besi.