Furnitur
Jun28

3 Tips Memilih Lemari untuk Ruang Tamu

Apakah anda sedang ingin memilih lemari untuk ruang tamu? Menambahkan lemari merupakan salah satu cara efektif untuk mendekorasi ruang tamu. Hal ini karena lemari mampu memberikan efek yang besar terhadap penampilan ruang tamu di rumah anda. Di satu sisi keindahan lemari dapat membuat ruang tamu terlihat lebih indah. Namun di sisi lain, ketika anda salah memilih lemari, maka desain ruang tamu pun akan menjadi kacau.

Pada umumnya, pemilihan lemari harus disesuaikan dengan desain sofa yang anda gunakan. Selanjutnya, perhatikan juga suasana yang ingin anda bangun di ruang tamu tersebut. Lihatlah di sekeliling anda. Pahami bahwa nantinya lemari akan menjadi focal point di ruangan tersebut.

lemari-ruang-tamu.jpg

Pintu

Pintu merupakan bagian yang harus diperhatikan pertama kali, karena menjadi titik fokus pada suatu lemari. Apabila anda ingin membangun desain yang modern, pintu yang digunakan haruslah berpenampilan bersih dan datar. Pintu seperti ini, biasanya dibuat tanpa disertai ukiran sehingga tampak sederhana dan cocok dengan suasana modern. Lebih-lebih, tidak adanya ukiran di lemari terkadang juga membuat harganya lebih murah.

Sebaliknya, pintu yang penuh dengan ukiran sangat cocok digunakan di ruang tamu klasik. Anda bisa menambah keistimewaan lemari dengan memesan model ukiran sendiri. Semakin rumit ukiran yang dimiliki pintu, maka semakin kuat pula kesan klasik dan antik pada lemari tersebut. Biasanya, harga lemari seperti ini adalah yang paling mahal.

Terakhir, jika anda ingin membuat ruang tamu bergaya modern klasik, anda bisa merancang pintu dengan mengkombinasikan unsur-unsur yang terkandung dalam dua aliran desain ini.

Daun Pintu

Setelah yakin dengan pilihan pintu yang anda inginkan, selanjutnya adalah menentukan model daun pintu yang sesuai. Daun pintu, meskipun terlihat kecil namun mempunyai pengaruh besar terhadap lemari. Meskipun anda memilih pintu yang sangat cantik, tetap tidak berguna jika daun pintunya kurang menarik.

Pintu berbentuk sederhana dan berdesain modern, paling pas disandingkan dengan daun pintu yang penuh dengan kesederhanaan dan kokoh. Karenanya, daun pintu bergaya minimalis merupakan pilihan yang terbaik. Yang tak kalah penting, sesuaikan juga ukuran daun pintu dengan ukuran pintu tersebut.

Pintu klasik memerlukan daun pintu yang memiliki hiasan menarik dengan bentuk yang anggun. Kuncinya, semakin indah tampilan daun pintu tersebut, maka semakin kuat pula kesan klasik yang dimilikinya.

Kapasitas Penyimpanan

Memiliki lemari yang terlihat menarik saja belum cukup. Anda juga perlu memperhatikan seberapa besar kapasitas penyimpanan yang dimilikinya.

Untuk mencari tahu, coba bayangkan lemari yang anda miliki adalah transparan sehingga semua isinya terlihat dari luar. Pastikan ukuran lemari tidak terlalu kecil agar barang-barang di dalamnya bisa ditata dengan benar. Pastikan juga ukuran lemari tidak terlalu besar dan tidak memakan banyak ruangan sehingga ruang tamu tetap terasa nyaman.

Faktor penempatan lemari juga berpengaruh langsung terhadap daya tariknya. Pastikan anda meletakkan lemari pada tempat yang mudah dilihat oleh semua orang sehingga keindahannya bisa dinikmati dengan bebas.

Selamat menerapkan tips-tips di atas! 🙂