Furnitur
Dec31

10 Kelebihan dan Kekurangan Lantai Kayu Parket

Siapa yang tak mengenal lantai kayu parket? Sesuai namanya, bahan dasar dari pembuatan lantai ini adalah bagian batang kayu pohon. Namun bukan sembarang kayu, sebelum dijadikan sebagai lantai, kayu tersebut harus diolah terlebih dahulu melalui serangkaian proses yang panjang untuk membuatnya layak menjadi alas ruangan. Bagi penggemar material kayu, kehadiran produk lantai ini tentu patut anda pertimbangkan sebagai penghias rumah sekaligus mempercantik tampilannya.

kelebihan-lantai-kayu.jpg

Berikut ini kelebihan-kelebihan dari lantai kayu parket :

1. Mampu Menyerap Panas dan Bersifat Hangat

Secara alamiah, kayu merupakan bahan material yang mampu menghantarkan panas dan menyimpannya untuk sementara waktu. Itu sebabnya, rumah berlantai kayu akan terasa lebih hangat sehingga tepat bila diaplikasikan pada hunian yang terletak di dataran tinggi. Lantai kayu mampu bertindak sebagai penghangat ruangan alami. Begitupun dengan kesan yang ditampilkannya, lantai kayu ini juga terlihat hangat. Maksudnya suasana ruangan akan langsung terasa akrab bagi siapapun yang berada di dalam rumah berlantai kayu.

2. Bersifat Alami dan Tampak Mewah

Daya tarik paling kuat dari lantai kayu adalah kesan alami yang dimilikinya sangat kuat. Lantai ini bisa diandalkan untuk memberikan sentuhan natural pada rumah. Bagi para penggemar kayu, pesona lantai ini terlihat sangat menawan. Finishing yang diberikan pada lantai kayu juga membuatnya tampak mengkilap dan terlihat mewah.

3. Dinamis dan Mampu Menghilangkan Kekakuan

Lantai kayu bersifat dinamis sehingga cocok diterapkan pada interior bergaya tradisional sampai modern. Khusus untuk ruangan modern yang umumnya terlihat kaku, anda bisa menghilangkan kesan kaku ini dengan menambahkan lantai kayu ke dalam ruangan. Sifat elastis kayu seketika menjalar ke setiap sudut interior sehingga menciptakan panorama yang lebih cantik dan indah tanpa rasa kaku yang melingkupi.

4. Merupakan Lantai yang Aman

Karena struktur kayu yang tidak terlalu padat, lantai ini tergolong aman diterapkan pada rumah tinggal. Saat seseorang jatuh di atasnya, tekstur kayu yang halus dan ringan akan mengurangi risiko cidera. Oleh karena itu, lantai ini sangat tepat ketika diaplikasikan jika hunian anda juga yang ditempati oleh orangtua.

5. Proses Pemasangannya Lebih Mudah

Tidak seperti lantai keramik yang membutuhkan ketelitian super tinggi, lantai kayu mudah sekali dipasang. Kesulitan utama hanya terletak pada pembuatan lantai beton sebagai alas lantai kayu ini. Selanjutnya, anda cukup menyusun potongan-potongan lantai kayu ini menggunakan bantuan lem. Untuk prosedur pemasangan lantai kayu yang lengkap bisa dilihat di sini.

kekurangan-lantai-kayu.jpg

Sementara itu, kekurangan-kekurangan dari lantai kayu antara lain :

1. Warnanya Mudah Memudar

Salah satu kekurangan lantai kayu yang paling mencolok adalah warnanya gampang sekali memudar. Lebih-lebih jika lantai sering terpapar sinar matahari langsung, siap-siaplah anda bakal kehilangan pesona dari lantai yang satu ini. Finishing ulang secara berkala sangat direkomendasikan untuk mengembalikan pesona lantai kayu seperti semula.

2. Rentan Terhadap Kelembaban dan Mudah Membusuk

Selain tidak tahan terhadap terik matahari langsung, lantai kayu juga rentan berada di ruangan dengan kelembaban tinggi. Lantai ini mudah sekali lapuk dan membusuk jika terkena air. Menjadi pantangan bagi anda untuk membasahi lantai ini, termasuk dilarang keras mengepel lantai kayu menggunakan bantuan air. Lantai cukup dibersihkan menggunakan vacum cleaner secara teratur.

3. Gampang Sekali Tergores

Kekurangan lain dari lantai kayu bahwa lantai ini mudah sekali tergores. Apabila permukaan lantai terkena benda tajam sedikit saja, maka bekasnya akan langsung terlihat dan susah dihilangkan. Tidak disarankan memasang lantai ini jika di rumah anda terdapat anak-anak ataupun hewan peliharaan. Anda juga harus ekstra hati-hati ketika memindahkan barang di ruangan berlantai kayu agar tidak menggores permukaan lantai. Disarankan untuk memberikan bantalan pada setiap kaki-kaki furnitur agar tidak melukai lantai.

4. Rawan Terhadap Serangan Rayap

Semua bahan kayu rawan terhadap serangan rayap, tak terkecuali dengan lantai parket ini. Anda harus memberikan perlakuan khusus untuk menghindarkan lantai kayu dari serangan rayap. Misalnya dengan memberikan obat-obatan penghalau serangga pada saat pemasangan lantai ini. Selalu cek kondisi lantai di rumah anda, karena kehadiran rayap sedikit saja mampu merusak lantai kayu dalam waktu yang sangat cepat.

5. Tingkat Perawatannya Sulit

Merawat lantai kayu merupakan tugas yang cukup sulit. Hal ini tidak terlepas dari sifatnya yang rapuh dan mudah rusak. Sebagai contoh, lantai rumah ini tidak boleh disapu karena bulu sapu akan mengikis finishing lantai secara perlahan sehingga pesonanya memudar. Begitupun dengan pori-pori kayu yang cukup lebar membuat noda yang jatuh di atasnya sulit dibersihkan. Di sisi lain, jika anda kurang bersih dalam merawatnya, serat-serat lantai kayu bisa menjadi sarang kuman dan bakteri.