Desain
Oct31

Tips-tips Memilih Keramik Dinding untuk Rumah Tinggal

Saat ini, pemakaian keramik dinding di Indonesia cukup digemari. Selain untuk keperluan estetika, pemasangan keramik ini juga ditujukan untuk melindungi struktur dinding itu sendiri. Namun, banyaknya model keramik dinding saat ini juga mungkin akan membingungkan anda dalam memilih mana yang tepat.

Berikut ini tips-tips dari Arafuru dalam memilih keramik dinding rumah :

1. Sesuaikan dengan Desain Rumah

memilih-keramik-dinding.jpg

Sama seperti memilih keramik lantai, pemilihan keramik untuk dinding juga perlu disesuaikan dengan desain rumah yang anda usung. Pastikan warna dan corak keramik tersebut mampu membangun tema rumah dengan apik. Sebagai contoh, untuk hunian bergaya modern anda bisa memilih keramik polos dengan warna netral. Sementara untuk rumah klasik, pilihannya jatuh pada keramik bercorak mozaik. Lain lagi dengan rumah mewah, anda bisa menghadirkan nuansa glamor menggunakan keramik yang menyerupai granit.

2. Sesuaikan dengan Ukuran Rumah

tips-memilih-keramik-dinding.jpg

Pemasangan keramik dinding dilakukan bukan hanya sebatas untuk memperindah bangunan saja, tetapi juga mampu menciptakan kesan tertentu. Salah satu yang mempengaruhnya adalah ukuran potongan keramik yang digunakan. Misalnya, untuk menghasilkan kesan luas di rumah sempit, pilih keramik berukuran besar seperti 25×45 cm, 20×60 cm, dan 30×60 cm. Sedangkan untuk membuat ruangan luas terlihat tidak membosankan, kombinasikan lah berbagai ukuran keramik ini. Selain karena kombinasi ukurannya, paduan motif dan warna pada permukaan keramik juga akan terlihat menarik dan menciptakan kesan dinamis.

3. Sesuaikan dengan Area Pemasangan

tips-memilih-keramik-dinding-rumah.jpg

Pemasangan keramik dinding bisa dilakukan baik pada dinding interior maupun eksterior. Perbedaan area dinding tersebut juga masih bisa dibagi lagi menjadi dinding basah dan kering. Yang penting, apabila dinding berada di eksterior yang rawan terhadap terik matahari dan air hujan, selalu pilih keramik berkualitas tinggi. Ini berguna agar warna keramik tidak cepat memudar. Sedangkan untuk dinding yang lembab, pastikan keramik yang dipakai tidak memiliki pori-pori sehingga tidak mudah kotor dan rembes.

4. Sesuaikan dengan Anggaran

tips-memilih-keramik-dinding-yang-tepat.jpg

Di pasaran, produk keramik dinding juga bisa dibedakan menurut tingkat kecacatannya, yaitu keramik KW1, KW2, dan KW3. Menggunakan keramik berkualitas pertama memang sangat direkomendasikan karena mampu bertahan lama. Tapi bagi anda yang mudah bosan dengan tampilan rumah, tidak ada salahnya memakai keramik kualitas kedua atau ketiga. Dengan penyesuaian budget yang tepat, anda bisa memaksimalkan penggunaan anggaran rumah.