Desain
Oct22

Tips Mengatur Pencahayaan Lampu di Rumah Tinggal

Ada berbagai cara yang bisa anda lakukan untuk menciptakan interior rumah yang indah. Salah satunya adalah mengatur pencahayaan di tiap-tiap ruangan dengan memilih lampu yang tepat. Sayangnya, mayoritas orang Indonesia kurang melirik permainan dekorasi dengan lampu ini. Padahal jika diolah dengan tepat, lampu mampu menghasilkan ruangan yang tampak luar biasa dengan budget rendah.

Pengolahan pencahayaan tidak melulu terletak pada berapa jumlah lampu yang anda pasangkan. Anda juga bisa mengatur tata letak lampu-lampu ini sehingga pesonanya semakin terlihat. Di bawah ini tips-tipsnya dari Arafuru.com :

Ruang Tamu

tips-mengatur-pencahayaan-lampu.jpg

Ruang tamu merupakan ruangan pertama yang akan kita olah. Di sini, anda bisa menambahkan lampu dinding sebagai pendamping lampu utama. Cobalah pilih lampu dinding bercahaya kekuningan agar tercipta suasana interior yang hangat. Sedangkan, untuk menonjolkan keberadaan aksesoris seperti lukisan, tambahkan lampu hias tepat di atas/bawah hiasan tersebut.

Kamar Tidur

tips-memilih-pencahayaan-lampu.jpg

Kamar tidur bukan sekedar tempat untuk tidur saja, melainkan juga tempat membaca buku, bermain game, berselancar di internet, dan sebagainya. Banyaknya kegiatan yang dilakukan di ruangan ini mengharuskan anda menyediakan lampu yang bersinar terang. Paling tepat jika anda menggunakan lampu bercahaya putih sebagai lampu utamanya. Sedangkan, agar waktu tidur anda tidak terganggu dengan sinar ini dan tetap merasa nyaman, anda dapat menambahkan lampu tidur yang aman di mata. Lampu ini biasanya memiliki nyala yang redup, serta bebas dari sinar ultraviolet dan sinar infrared.

Ruang Belajar dan Bekerja

tips-memainkan-pencahayaan-lampu.jpg

Cahaya merupakan elemen yang paling penting di dalam ruang belajar dan ruang bekerja. Cahaya membantu anda berkonsentrasi terhadap fokus tugas yang tengah dikerjakan. Maka tak heran jika anda salah memilih lampu, hal ini akan mengakibatkan mata dipaksa bekerja keras dan cepat mengalami ketegangan, akibatnya mata pun mengalami rabun. Oleh karena itulah, jangan berpikir dua tiga kali untuk menambahkan lampu meja. Lampu ini sangat menunjang kenyamanan mata anda selama belajar dan bekerja di rumah.

Dapur

cara-mengatur-pencahayaan-lampu.jpg

Dapur merupakan ruangan yang mengharuskan anda teliti dan berhati-hati. Ruangan ini membutuhkan lampu tambahan untuk menciptakan suasana memasak yang aman dan nyaman. Anda bisa menambahkan lampu-lampu kecil di atas kitchen set sebagai pendamping lampu utama. Selain terlihat lebih terang, kini dapur di rumah anda pun semakin cantik.

Kamar Mandi

tips-mendekorasi-pencahayaan-lampu.jpg

Kamar mandi juga memerlukan pengaturan lampu yang berbeda dengan ruangan-ruangan sebelumnya. Di ruangan ini, jenis pencahayaan yang paling dibutuhkan berasal dari lampu langit-langit yang merata ke seluruh ruangan. Langkah ini akan memastikan kamar mandi anda selalu tampak bersih bersinar. Namun pastikan, pemasangan lampu-lampu tersebut aman dari cipratan air ya.