Desain
Oct24

Tips Mendekorasi Ulang Rumah Tanpa Biaya Sepeser Pun

Ingin mendekorasi ulang rumah tanpa biaya sepeser pun? Terkadang kita merasa bosan dengan tampilan rumah yang ditinggali, namun tidak adanya anggaran memaksa kita untuk terus menikmati kebosanan tersebut.

mendekorasi-ulang-rumah.jpg

Sebenarnya, banyak kok cara yang bisa anda lakukan untuk menciptakan interior baru tanpa memakan biaya satu sen pun. Berikut ini tujuh di antaranya :

1. Bawa Halaman ke Dalam Rumah

Langkah yang paling mudah adalah memasukkan beberapa pot tanaman ke dalam rumah. Hadirnya tumbuhan hijau ini mampu menyegarkan ruangan seketika. Bisa juga dengan menaruh satu vas berisi bunga-bunga yang cantik di pojok ruangan. Sedangkan jika halaman anda ditumbuhi pepohonan berbuah, petiklah buah-buahan tersebut dan jadikan sebagai pajangan meja.

2. Atur Kembali Furniture di Dalam Rumah

Trik kedua yang bisa anda lakukan sendiri adalah menggeser tata letak furniture dan menyingkirkan perabotan yang tak terpakai. Cobalah mengatur kembali penataan sofa, lemari, dan meja ini agar suasana interior terasa berbeda. Usahakan agar hasil akhirnya mampu melahirkan suasana interior yang lebih lega daripada sebelumnya.

3. Gantilah Foto yang Dipajang

Apakah dekorasi rumah anda dihiasi pajangan foto keluarga? Nah, untuk memunculkan suasana yang lain dari biasanya, anda bisa mengganti foto yang telah lama dipajang tersebut dengan foto lain. Suasana yang berbeda dari kedua foto ini akan melahirkan kesan ruangan yang baru pula.

4. Manfaatkan Sisa Cat

Untuk mendekorasi ulang kamar tidur anak, anda bisa memanfaatkan kembali sisa cat dinding di gudang. Gunakan cat-cat tersebut untuk melukis mural dengan bentuk-bentuk yang sederhana seperti bintang, bulan, dan dedaunan. Kini, ruangan pun tampak berbeda tanpa menghabiskan terlalu banyak cat.

5. Buat Ruangan Lebih Luas dengan Cermin

Tips kelima, anda dapat memasang cermin sebagai hiasan dinding. Kemampuannya dalam meneruskan cahaya memungkinkan cermin ini mampu menghasilkan ruangan yang lebih terang. Anda bisa menaruh sebuah cermin besar ataupun sekelompok potongan cermin-cermin kecil pada salah satu dinding rumah.

6. Gunakan Kain Bekas Sebagai Penghias Sofa

Kain bekas yang masih anda simpan di lemari bisa dimanfaatkan sebagai penghias sofa. Caranya, ubah kain tersebut menjadi sarung bantal berwarna-warni. Sofa-cover juga bisa dibuat dari kain perca ini. Selain sofa tampak baru, sofa pun lebih awet karena diindungi oleh sarung.

7. Hiasi Dinding dengan Peralatan Makan

Terakhir, anda bisa memanfaatkan peralatan makan seperti piring, garpu, dan sendok sebagai pajangan interior. Piring-piring ini terlihat sangat cantik saat menempel di salah satu dinding ruangan. Anda dapat menyusunnya di salah satu ruangan dengan membentuk pola yang unik. Pilih sejumlah piring dengan nuansa warna yang sama agar tampak harmonis.