Desain
Apr14

Tips Menata Desain Salon Kecantikan

desain-salon-kecantikan.jpg

Proses mendesain interior adalah bagian terpenting saat menata salon kecantikan. Salon harus tampak menarik baik itu ruangannya maupun setiap sudutnya.

Berikut ini ide-ide dekorasi yang inovatif dan bisa Anda coba :

1. Menyusun Perencanaan Ruangan

Ruangan salon bisa dibagi menggunakan beberapa partisi ataupun membiarkannya terlihat lapang tanpa adanya partisi fisik melainkan menggunakan partisi visual. Hal ini penting karena Anda harus memisahkan mana ruangan untuk memotong rambut, ruangan untuk perawatan rambut dan ruangan untuk facial. Fungsi dari partisi ini adalah selain membuat interior terlihat jelas, juga suasana yang dimilikinya pun menjadi rapi.

2. Memanfaatkan Ruang dengan Cerdas

Desain interior salon kecantikan harus memperlihatkan perpaduan yang harmonis antara fungsi dan tampilannya. Pastikan Anda memanfaatkan setiap sudut ruangan dengan maksimal tanpa mengacaukan keseimbangan suasana yang dimilikinya. Atur letak ventilasi dan pencahayaan sedemikian rupa sehingga menghasilkan ruangan yang selalu tampak segar dan berkilau. Demikian halnya dengan penataan kursi salon, hendaknya ruang antar kursi mampu menampung dua orang yang berdiri secara bersamaan. Sedangkan untuk penataan peralatan salon, biasakan menaruhnya ke tempat yang semula agar seluruh staf dan pelanggan bisa berjalan di ruangan dengan bebas.

3. Memilih Warna yang Tepat

Saat menghias desain interior, pastikan Anda memilih skema warna yang harmonis. Hindari menggunakan warna yang terlalu cerah dan terlihat membosankan. Sebaliknya pilih warna-warna yang menyenangkan dan harmonis, lebih direkomendasikan untuk menggunakan warna yang mampu meningkatkan pencahayaan ruangan. Cobalah memadukan dua sampai tiga warna untuk menciptakan dinding yang menarik.

3. Tempat Penyimpanan yang Memadai

Salon kecantikan membutuhkan tempat penyimpanan barang dalam jumlah banyak untuk menata berbagai produk kecantikan dan peralatan yang digunakan di semua bentuk perawatan. Pastikan Anda sudah memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menampung semua ini. Salon yang membiarkan semua barang-barangnya terlihat berantakan di mana-mana akan memberikan kesan yang sangat buruk kepada pelanggannya. Kebutuhan tempat penyimpanan bisa Anda dapatkan dengan menambah rak atau lemari yang dipasang. Pilih lemari yang menggantung di dinding untuk memaksimalkan penggunaan area vertikal dan membiarkan lantai tetap kosong. Percantik tampilannya dengan menambah tirai juga anggun. Pastikan semuanya tersusun rapi dan memamerkan produk kecantikan yang Anda miliki. Jangan lupa untuk membersihkan rak setiap hari dari debu dan kotoran yang menempel.

4. Furnitur yang Nyaman

Kenyamanan adalah faktor nomor satu yang harus Anda perhatikan saat membeli furnitur untuk salon. Bentuk furnitur yang dimaksud bisa berupa kursi yang digunakan pelanggan selama menunggu di ruang resepsionis, kursi yang digunakan untuk memotong rambut dan meja perawatan. Pastikan semua pelanggan merasa nyaman saat menggunakan furnitur-furnitur ini.

5. Menciptakan Suasana yang Sempurna

Ketika seorang pelanggan datang ke salon kecantikan Anda, pastikan saat dia keluar mendapatkan kesan yang menyenangkan. Anda harus menciptakan suasana salon seindah mungkin dan mampu memberikan kesan yang mendalam di hatinya. Sediakan meja kopi dan majalah fashion untuk dibaca mereka sembari menunggu antrian. Pajang foto klien Anda yang paling modis atau paling sering mengunjungi salon Anda. Tambahkan AC dan cermin besar untuk membuat tampilan interior terlihat mewah.

6. Instalasi Listrik

Di ruangan salon, tentunya Anda perlu menggunakan banyak kabel listrik untuk mendukung semua keperluan peralatan salon. Oleh karena itu, instalasi kabel dan listrik juga penting untuk diperhatikan. Hindari menumpuk peralatan di satu tempat sehingga membuat kabelnya terlihat kusut bahkan rusak. Bersihkan juga bagian soket listrik agar suasana salon selalu rapi dan bersih.

7. Pemilihan Aksesoris

Untuk memilih aksesoris pada salon, pastikan aksesoris tersebut sesuai dengan konsep yang sudah ditentukan. Aksesoris harus mampu menambah suasana interior yang damai dan penuh ketenangan. Sebagai contoh, Anda bisa memajang lilin wangi dan produk aroma terapi lainnya untuk menghasilkan aroma harum yang santai. Bisa juga dengan membuat air mancur atau air terjun di ruang tunggu agar suasana di sana terlihat menenangkan.

Tags: bisnis desain kecantikan salon

Rate this article!

  • SHARE!

Related Posts