Desain
Apr6

Tips Menata Desain Rumah Menurut Feng Shui

desain-rumah-menurut-feng-shui.jpg

Feng Shui merupakan ilmu mendesain rumah dan ruangan untuk melancarkan aliran energi positif (chi) secara maksimal. Feng shui berasal dari wilayah Dataran China dan kini telah menyebar ke seluruh dunia. Karena kepopulerannya itulah, feng shui juga masuk ke dalam topik yang perlu dibahas saat kita berdiskusi seputar rumah dan bagiannya.

Sebenarnya, menata rumah menurut feng shui itu tidak semudah pengertiannya. Di sini, desain interior yang dibuat harus bisa memperlancar aliran energi yang masuk melalui pintu utama. Kerapian sisi depan rumah perlu dijaga setiap saat agar tidak menghambat energi yang masuk. Pastikan tidak ada barang yang rusak di sana dan jika ada tanaman yang mati harus segera dibuang.

Berikut ini 9 tips dasar feng shui yang bisa Anda coba :

1. Jaga Ruangan Tetap Rapi

Menjaga ruangan tetap rapi dan tidak berantakan akan memastikan rumah terlihat harmonis dan memiliki aroma kehidupan. Sebaliknya, kekacauan yang terjadi di ruangan akan membuatnya terlihat berantakan, alhasil aliran energi positif di sana pun ikut menjadi tidak karuan. Singkirkan benda apapun yang sudah rusak dan tidak terpakai, entah itu furnitur, aksesoris maupun benda yang memiliki pengalaman buruk.

2. Mengatur Posisi Furnitur

Furnitur harus ditempatkan sedemikian rupa agar tidak menghalangi ruang gerak di dalam rumah, sebab ruang untuk lalu lalang manusia adalah tempat energi positif mengalir. Ruang gerak yang terhalangi furnitur otomatis aliran energi pun akan tertahan di sana. Untuk posisi kursi dan sofa yang sesuai dengan feng shui adalah menempel di dinding.

3. Jauhkan Letak Ruang Kerja dan Ruang Istirahat

Setiap ruangan yang digunakan untuk bekerja dan menjalankan aktifitas kehidupan harus berada cukup jauh dari lokasi kamar tidur. Apabila posisi kedua ruang ini berdekatan akan mengakibatkan relaksasi yang dimiliki oleh kamar tidur menjadi berkurang dan saat beraktifitas pun menjadi kurang bersemangat. Hindari juga menyimpan perkakas kerja seperti komputer di kamar tidur karena membuat kenyamanan di dalamnya menjadi hilang.

4. Memperbaiki Semua yang Rusak Sesegera Mungkin

Setiap elemen rumah seperti tangga, pintu dan jendela yang rusak atau tidak berfungsi semestinya akan menghalangi aliran energi positif. Oleh karena itu, perbaikan harus dilakukan secepat mungkin agar aliran energi kembali normal.

5. Gantungkan Cermin

Cermin dipercaya sebagai sumber energi positif sehingga mampu menggandakan energi di dalam ruangan. Selain itu, cermin juga mampu menangkal kehadiran energi negatif di rumah. Tidak direkomendasikan untuk menempatkan cermin berhadapan dengan pintu karena akan memantulkan kembali energi positif yang sudah masuk ke dalam.