Desain
Jul16

Lakukan 6 Langkah Ini untuk Mendekorasi Ruang Tamu Modern

desain-ruang-tamu-modern.jpg

Tahukah Anda, konsep ruang tamu bergaya modern mampu mempengaruhi harga jual rumah secara signifikan. Hal ini kenapa? Sebab desain modern saat ini menjadi tren di masyarakat Indonesia. Ditambah, posisi ruang tamu yang umumnya di depan membuatnya menjadi ruang yang pertama kali dilihat sehingga mampu menarik minat pembeli. Di sisi lain, jika Anda tidak berniat menjual rumah, konsep modern mampu menciptakan suasana rumah yang damai, tenang, dan penuh estetika.

Berikut ini enam tips yang bisa dicoba apabila Anda hendak menciptakan desain ini di rumah Anda :

1. Gunakan Warna Cat Dinding Netral & Bercahaya

Putih dan krem adalah contoh warna modern. Sifat dekorasi modern juga mirip seperti minimalis, di mana keberadaan warna juga berfungsi sebagai aksesoris ruangan. Usahakan memilih warna palet yang netral sehingga mudah diserasikan dengan hiasan dinding apapun.

2. Pertajam Keberadaan Lantai di Ruangan

Ada banyak pilihan jenis lantai yang cocok untuk ruangan bergaya modern. Dari yang berjenis keramik sampai lantai beton. Kuncinya adalah di dalam pemilihan warna lantai ini, usahakan pilih yang berwarna netral dan mampu menambah nilai furnitur di atasnya. Sebaliknya, jika Anda berniat menutupnya dengan karpet, pilih karpet yang sederhana dan berwarna cerah serta hindari karpet berbulu.

3. Gunakan Sofa dan Meja Berbentuk Geometris

Bentuk furnitur yang geometris memang terlihat lebih kaku, namun saat ini sudah banyak furnitur yang dibuat agar nyaman saat digunakan. Penambahan bantal beraneka warna dan asimetri juga mampu mengurangi kesan kaku yang ditimbulkan oleh bentuk ini. Selain itu, pemilihan warna furnitur juga sebaiknya yang gelap untuk mengimbangi warna dinding yang terang sehingga furnitur bisa menjadi titik fokus ruang tamu. Sebaliknya, jika Anda menginginkan hiasan dinding lah yang menjadi titik fokus ruangan dan membiarkan furnitur sebagai aksesoris, maka pilih warna yang netral dan cerah.

4. Menambahkan Karya Seni

Karya seni modern memiliki tampilan yang unik, mulai dari yang bergaya abstrak sampai berbentuk sederhana. Hiasi ruangan dengan karya seni yang dinamis dan sesuai dengan kepribadian Anda. Kerajinan tangan adalah pilihan hiasan yang tepat untuk diaplikasikan ke dalam dekorasi modern.

5. Bermain dengan Cahaya

Pencahayaan ruang modern terbentuk dari beberapa sisi yang meliputi lantai, dinding, dan langit-langit. Pada lantai dan dinding, pencahayaan berfungsi untuk menperindah tampilan objek di sekitarnya. Sedangkan di langit-langit, pencahayaan berfungsi sebagai titik fokus. Oleh karena itu, pilihlah model lampu yang tidak terlalu besar dan terkesan modern.

6. Sempurnakan dengan Vas Bunga, Lilin, atau Buku

Meskipun Anda perlu menjaga keminimalisan ruang tamu, bukan berarti Anda tidak bisa mempercantik tampilannya. Keberadaan aksesoris kecil seperti vas bunga, lilin, dan koleksi buku mampu menyegarkan aroma di dalamnya. Selain itu, kesan mengundang dan lebih hangat pun muncul dengan adanya aksesoris ini.