Desain
Jul11

6 Tips Menata Ruang Makan di Rumah

desain-ruang-makan.jpg

Ingin menata desain ruang makan agar semakin cantik? Untuk menatanya, mulailah dengan mengenali keadaan di ruangan yang Anda miliki. Perhatikan seluruh sudut dan bayangkan bagaimana Anda akan mengubah tampilannya agar terlihat lebih menarik. Boleh juga dengan mencatat di dalam secarik kertas apa-apa saja yang ingin Anda tambahkan ke dalam ruangan ini. Dengan cara ini Anda akan terbantu saat mengatur keseimbangan ruangan.

Berikut ini 6 tips yang bisa Anda coba untuk menciptakan suasana ruang makan yang penuh rasa kekeluargaan dan tips agar terlihat luas :

1. Tentukan Gaya

Pertama-tama pilih gaya interior yang ingin Anda tampilkan. Perlu diperhatikan bahwa sebaiknya dekorasi di ruang ini juga serasi dengan ruangan di sekitarnya. Sehingga desain di rumah Anda bisa menyatu di dalam sebuah harmonisasi yang indah, bukan malah saling bertumbukan. Untuk membantu Anda mendapatkan gambaran ide, Anda bisa membaca artikel menata ruang makan ini. Di sini kami sudah membuat ulasan tentang tips sederhananya.

2. Pilih Meja yang Tepat

Meja merupakan unsur pembangun ruang makan. Tanpa ada meja, ruangan di rumah Anda belum bisa disebut sebagai ruang makan. Dalam memilih meja, selain berdasarkan kesukaan Anda, pilihlah meja dengan memperhatikan ukuran dan bentuknya. Untuk ruang yang mungil, Anda bisa menempatkan meja bundar di sana. Dengan bentuk meja seperti ini, ruangan akan memiliki sisa ruang gerak yang cukup meski saat ruangan sedang digunakan sekalipun. Sebaliknya, untuk ruangan yang luas, Anda bisa lebih bebas memilih meja berbentuk persegi, persegi panjang, atau bundar. Penggunaan meja dengan bentuk yang tepat akan menciptakan suasana nyaman saat menikmati makanan.

3. Penataan Pencahayaan

Ruang makan merupakan ruangan yang bersifat sosial karena digunakan oleh banyak orang. Sehingga faktor pencahayaan di ruangan ini merupakan faktor yang penting diperhatikan. Pada umumnya, orang lebih suka menata cahaya yang dramatis dan berpusat di atas meja. Dengan cara ini, ruang makan akan memiliki kesan visual yang sangat apik. Bentuk lampu juga perlu Anda perhatikan agar tercipta ruangan yang benar-benar indah. Beberapa orang mengaku kesulitan dalam mengatur jarak antara lampu dengan meja makan. Meskipun tidak ada jarak yang pasti dalam menempatkan lampu di atas meja. Namun, beberapa arsitektur berpendapat lampu bergaya liontin atau chandelier akan terlihat bagus apabila jaraknya kurang lebih 0,76 meter di atas meja. Sekali lagi, Anda boleh memasangnya lebih tinggi sesuai insting yang Anda miliki. Sumber cahaya lainnya bisa Anda dapatkan dari lampu yang tersembunyi di langit-langit ruangan, menempel di dinding, atau digunakan sebagai hiasan ruangan. Ruang makan akan terlihat lebih indah melalui pencahayaan yang menarik.

4. Menciptakan Titik Fokus

Apakah Anda memiliki sebuah perapian di ruang makan Anda? Jika iya, Anda telah memiliki titik fokus yang menarik untuk bisa lebih dipercantik. Namun jika Anda tidak memiliki furnitur ini, Anda bisa membuat titik fokus dari furnitur lain yang lebih menarik. Sebagai contoh Anda bisa menempatkan sebuah karya seni atau lemari kaca dengan koleksi keramik di dalamnya.

5. Furnitur yang Bermanfaat

Salah satu furnitur yang berguna di ruang makan adalah meja samping (credenza). Meja ini bisa berfungsi sebagai hiasan ruangan sekaligus tempat untuk meletakkan piring dan makanan yang hendak disajikan. Dengan menggunakan meja samping ini, meja makan Anda akan terbebas dari kesan berantakan. Ketika Anda ingin mengambil makanan lagi pun bisa dijangkau dengan mudah.

6. Elemen Lantai

Jenis lantai untuk ruang makan biasanya menggunakan kayu, keramik, maupun batu marmer. Bahan-bahan ini mempunyai kualitas yang lebih baik karena tidak mudah kotor dan gampang dibersihkan ketika ada makanan yang jatuh di atasnya. Jika Anda ingin memasang karpet di bawah meja makan, pilih karpet yang bermotif. Yang penting, jangan malas untuk mencuci karpet di meja makan ini. Meletakkan karpet memang bisa menambah daya tarik ruangan. Namun untuk lantai kayu, penggunaan karpet bisa menyebabkan lantai menjadi licin. Sehingga saat duduk di kursi menjadi kurang nyaman dan mudah tergeser. Sesuaikan saja pilihan Anda, apakah Anda lebih mementingkan desain atau kenyamanan ruang makan.

Tags: ruang makan rumah tips menata ruang makan

Rate this article!

  • SHARE!

Related Posts