Desain
Jul28

Tips Mempercantik Interior Hanya Bermodal Kaca

mempercantik-ruangan-kaca.jpg

Kaca dikenal mampu menghadirkan kesan interior yang lebih luas. Bentuk fisiknya yang transparan membuatnya bisa dijadikan hiasan apa saja tanpa mengganggu keberadaan furnitur di sekelilingnya. Kehadiran kaca di ruangan juga mampu membawa aroma yang lebih glamor.

Dalam dekorasi interior modern, kaca digunakan di hampir setiap sudut rumah. Sebut saja penggunaan meja dari kaca, partisi dinding dari kaca, hingga aksesoris yang terbuat dari kaca. Jika Anda tertarik juga untuk mempercantik ruangan di rumah dengan memaksimalkan penggunaan kaca yang benar, coba saja tips-tips di bawah ini :

1. Menciptakan Ruangan yang Lebih Luas

Salah satu cara membuat ruangan terasa lebih luas adalah dengan menghadirkan kaca atau cermin. Karakter kaca yang bening bisa menggantikan fungsi dinding sebagai partisi ruangan. Sedangkan karakter cermin yang mampu memantulkan bayangan, membuat luas ruangan seolah-olah menjadi dua kalinya. Letakkan cermin berukuran 3/4 sisi dinding agar efek yang didapat jauh lebih besar.

2. Memajang Hiasan Dinding dari Serpihan Kaca

Jika Anda kurang menyukai keberadaan cermin berukuran raksasa, maka Anda bisa menggantinya dengan hiasan kaca. Caranya, kumpulkan berbagai belahan cermin dengan ukuran dan potongan yang berbeda-beda. Setelah itu, masukkan cermin ke dalam figura bermotif unik. Gantungkan figura-figura kaca ini pada dinding ruangan dengan pola terpusat. Adanya hiasan ini membuat suasana ruangan terlihat lebih unik. Cara ini akan bekerja bagus pada dinding berwarna gelap.

3. Menambah Kaca dalam Bentuk Furnitur

Saat ini, ada banyak sekali macam furnitur berbahan dasar kaca. Satu contoh yang paling sering dipilih adalah meja dari kaca. Umumnya, penggunaan kaca pada furnitur ini sebatas pada bagian tatakannya dengan kaki-kaki dari kayu atau besi. Meskipun begitu, manfaat kaca di sini sangat terasa, yakni adanya meja tidak menutupi bagian lantai ruangan sehingga menghasilkan perasaan lebih luas.

4. Pemanfaatan Kaca Sebagai Jendela

Sudah tidak asing lagi memanfaatkan kaca sebagai bagian dari jendela rumah. Tapi kali ini Anda bisa lebih mengkreasikannya melalui berbagai bentuk jendela. Misalnya awning windows, casement windows, picture windows, dan sebagainya. Untuk desain jendela yang lebih lengkap bisa Anda baca di sini.

5. Mengkombinasikannya dengan Cahaya

Suatu cahaya terlihat sangat indah ketika menembus kaca. Anda bisa memulainya dengan menambahkan pelindung lampu berbahan kaca buram sebagai pencahayaan khusus. Bisa juga dengan menempatkan lilin-lilin kecil ke dalam sebuah kotak kaca dan menjadikannya sebagai hiasan yang romantis. Niscaya, ruangan Anda kini terlihat lebih menarik. Selamat mencoba.