Desain
Apr8

Tips Memilih Desain Kursi Kantor yang Nyaman

desain-kursi-kantor.jpg

Bagaimana tips memilih desain kursi kantor yang nyaman? Tahukah Anda bahwa waktu yang paling banyak dihabiskan oleh seorang karyawan adalah di atas kursi kantornya? Mari kita hitung. Rata-rata karyawan menghabiskan waktu 40 jam per minggu atau 1900 jam setahun. Silahkan Anda kalikan angka ini dengan jumlah usia yang dihabiskan untuk bekerja. Bisa dilihat bahwa sebagian besar kehidupan karyawan dihabiskan di atas kursinya. Namun kenyataannya, banyak kantor yang lebih mementingkan meja karyawannya ketimbang kursi yang disediakan.

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa faktor kenyamanan kursi kantor merupakan salah satu penentu kualitas kerja dan keseharian karyawannya. Kursi kantor yang ideal akan mendukung produktivitas dan memaksimalkan efisiensi orang yang mendudukinya. Sebaliknya, kursi kantor yang tidak sesuai akan mengakibatkan orang yang duduk di atasnya mudah mengalami ketegangan dan masalah urat lainnya. Jika ini dibiarkan terus, tentu menyebabkan karyawan kurang nyaman bekerja dan akibatnya pekerjaan menjadi tertunda.

Jadi penting bagi pihak kantor untuk merencanakan anggaran yang maksimal untuk pengadaan kursi. Dengan memilih kursi berkualitas terbaik, secara tidak langsung pihak kantor pun ikut andil dalam menjaga kesehatan karyawan-karyawannya. Biaya kursi yang mahal sekalipun lebih murah daripada banyak karyawan yang absen dan tidak bekerja semestinya.

Apa yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Kursi Kantor?

Kursi merupakan bagian dari dekorasi kantor yang dicari keindahan dan kenyamanannya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa hendaknya pemilihan kursi lebih diutamakan daripada aksesoris lainnya. Adapun untuk faktor-faktor yang perlu diperhatikann saat memilih desain kursi adalah sebagai berikut :

  1. Kursi yang bisa diatur kemiringan sandarannya
  2. Kursi yang bisa diatur ketinggiannya
  3. Kursi yang memiliki roda di kaki-kakinya
  4. Kursi yang bisa diputar
  5. Kursi dengan bantal sebagai alasnya

Mengapa Memilih Kursi itu Penting?

Ada manfaat lain dari kursi yang nyaman selain bisa mengurangi ketegangan yaitu meminimalisir kelelahan dan ketidaknyaman karyawan selama duduk berjam-jam di atasnya. Penelitian menunjukkan bahwa karyawan yang merasa nyaman memiliki produktivitas yang lebih tinggi dan berkontribusi secara positif dengan lingkungan di sekitarnya daripada mereka yang mengalami kepenatan. Dengan memastikan karyawan merasa gembira selama bekerja, maka waktu istirahat pun bisa menjadi lebih singkat.

Mencoba Kursi Terlebih Dahulu

Pihak kantor sebaiknya mengujicoba kualitas kursi dahulu sebelum membelinya secara massal. Hal ini penting agar kualitas kursi memang sesuai dengan pekerja di sana. Cobalah mengambil sampel beberapa jenis kursi untuk digunakan oleh beberapa karyawan yang bisa dipercaya.

Adapun untuk beberapa posisi yang bisa dicoba saat menguji kualitas kursi adalah :

  • Sesuaikan bentuk sandaran kursi dengan tulang belakang
  • Cobalah duduk di atas kursi dengan telapak sepatu menapak di lantai secara datar
  • Sandaran tangan kursi sebaiknya menutup tubuh dan bisa digunakan untuk bersantai
  • Posisi saat duduk harus sesuai dengan ketinggian meja untuk mencegah peregangan pada bahu
  • Dalam posisi menghadap ke depan, Anda masih bisa melihat layar komputer
  • Sandaran kursi terbuat dari bahan yang nyaman untuk menopang tulang belakang
  • Jarak kursi dengan meja jangan terlalu dekat
  • Pilih dudukan yang terbuat dari busa karena bahan lain kurang nyaman untuk digunakan sebagai kursi kantor