Desain
Jul26

Tips Membangun Kamar Mandi yang Aman untuk Orang Tua

kamar-mandi-aman.jpg

Kamar mandi adalah ruangan di rumah yang berfungsi sebagai tempat membersihkan diri. Kondisinya yang selalu basah membuat lantai di ruangan ini menjadi licin. Keadaan seperti ini bisa menjadikan kamar mandi sebagai ruangan yang berbahaya, terutama untuk orang tua.

Tentu Anda tidak ingin suatu hari Ayah atau Ibu Anda terpeleset gara-gara situasi di kamar mandi bukan? Maka dari itu, membangun dekorasi yang aman bagi mereka merupakan solusi untuk memperkecil kemungkinan buruk ini. Berikut ini kiat-kiat dari arafuru.com khusus untuk Anda beserta kedua orang tua :

1. Pastikan Penerangan Kamar Mandi Sudah Maksimal

Kemampuan penglihatan orang tua biasanya mengalami penurunan. Sehingga mengakibatkan mereka kesulitan untuk memperoleh gambaran suasana di sekitarnya dalam keadaan minim cahaya. Memasang lampu terang bercahaya putih akan sangat membantu mereka dalam mengenali lingkungan kamar mandi. Bisa juga dengan memasang lampu yang dilengkapi oleh sensor otomatis agar mereka tidak perlu kerepotan mencari sakelar jika ingin menyalakan lampu.

2. Pasang Pegangan Besi di Sepanjang Dinding

Fungsi pegangan (railing) yaitu sebagai penopang tubuh selagi orang tua Anda berada di kamar mandi. Pegangan yang kuat mampu memastikan mereka tidak akan terpeleset oleh lantai yang licin sekalipun. Adanya pegangan juga membuat mereka sadar untuk berjalan dengan hati-hati. Jangan lupa untuk memasang pegangan dekat kloset juga untuk membantunya saat hendak duduk dan berdiri.

3. Memasang Karpet Anti-selip Sebagai Pelindung Lantai

Karpet anti-selip biasa dipasang di kamar mandi pribadi. Gunanya adalah sebagai tumpuan kaki dan memastikan permukaan lantai tidak akan licin. Lindungi seluruh lantai kamar mandi dengan karpet ini dan pastikan pemasangannya tidak gampang tergeser oleh kaki. Niscaya kamar mandi Anda aman bagi kedua orang tua Anda.

4. Pilih Model Keran Air yang Mudah Dinyalakan

Ada banyak sekali model keran air yang ada di pasaran saat ini. Mulai dari yang diputar, ditekan, sampai yang diangkat pegangannya. Untuk yang paling mudah digunakan adalah keran yang harus diputar sembilan puluh derajat dahulu untuk menyalakanya.

5. Hindari Membangun Lantai Bertingkat

Saat ini, banyak sekali lantai kamar mandi yang dibuat bertingkat. Tujuannya tentu agar air dari dalam tidak merembes keluar ruangan. Nah, untuk memastikan orang tua Anda bisa masuk ke kamar mandi dengan aman, terutama jika mereka memakai bantuan kursi roda, maka tugas Anda adalah menghilangkan lantai bertingkat ini. Dengan begini kontruksi kamar mandi bisa menjamin keamanan dan kenyamanannya.