Desain
Jun9

Tips Membangun Desain Rumah Jepang

desain-rumah-jepang.jpg

Ingin membangun arsitektur bergaya desain rumah Jepang sebagai tempat tinggal Anda? Apabila Anda menyukai rumah yang rapi, modern dan minimalis, mungkin desain bergaya Jepang juga akan memikat hati Anda. Jepang memiliki desain rumah yang khas berupa struktur interior, lantai terbuka, bahan alami dan warna netral untuk menciptakan keindahan arsitektur. Jika Anda berniat membawa suasana ini ke rumah, silahkan manfaatkan tips-tips berikut ini :

1. Ciptakan Suasana Interior yang Terbuka

Kebalikan dari desain rumah bergaya Eropa yang memenuhi ruangan dengan furnitur mewah, desain khas Jepang cenderung membuat area di setiap interior terlihat kosong agar memiliki pandangan luas dan terbuka. Selain itu, kesan natural juga lebih dimunculkan melalui penerapan teknik ini. Pastikan area di samping dinding dan di sekitar furnitur utama tetap kosong.

2. Manfaatkan Keindahan Bentuk Alami

Aksesoris khas Jepang juga mempertahankan bentuk asli bahannya. Keindahan yang dimiliki oleh aksesoris ini terletak pada warna, motif dan tekstur sesuai aslinya. Cobalah menambahkan karpet dari anyaman jerami sebagai hiasan lantai. Agar kesan tradisional Jepang lebih terasa, Anda bisa memanfaatkan layar shoji atau layar fusuma sebagai partisi interior. Kedua layar ini terbuat kertas dan biasanya digunakan untuk memisahkan satu ruangan dengan ruangan lainnya. Sebagai ganti layar ini, Anda bisa menggunakan kaca agar sinar matahari yang masuk ke rumah bisa maksimal. Atur aksesori-aksesori ini di sudut rumah yang sesuai untuk menghasilkan pencahayaan rumah yang benar-benar mirip daerah di Jepang.

3. Menyatukan Bahan-bahan Alami dengan Arsitektur Rumah

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, bahwa interior khas Jepang memaksimalkan penggunaan bahan-bahan alami dalam menciptakan suasana yang diinginkan. Adapun bahan-bahan yang dimaksud adalah kayu, bambu, logam besi dan batu. Tambahkan bahan-bahan ini ke dalam area rumah seperti ruang tamu, kamar mandi dan dapur. Sedangkan untuk lantai, biasanya juga terbuat dari kayu dan batu alam dengan motif yang sederhana. Biarkan permukaan rumah tidak terlalu tinggi dengan tanah. Furnitur bergaya minimalis, sederhana dan memiliki bentuk yang tegas adalah bentuk-bentuk yang sempurna untuk desain rumah ini.

4. Menyatu dengan Alam

Untuk desain eksterior rumah, Anda bisa membangun taman dengan tumbuhan hijau, bambu, kolam dan bebatuan. Sementara dinding-dinding yang ada di sekitarnya dibuat dari kaca berukuran besar agar tidak mengganggu pandangan ke arah taman. Pintu utama menggunakan sistem geser dan terbuat dari kayu, semen atau kaca. Memaksimalkan suasana khas Jepang bisa dilakukan bisa menggunakan benda berbentuk alami ataupun benda-benda yang dibentuk menyerupai alam.

Kurang itu lebih adalah moto utama dalam membuat desain rumah khas Jepang. Aplikasikan teknik mendesain gaya minimalis dengan memanfaatkan warna netral dan bahan-bahan alami. Satukan suasana interior rumah dengan lingkungan yang ada di sekitarnya.