Desain
Feb2

Tips Lengkap Memilih Wallpaper untuk Ruang Makan

Ruang makan merupakan salah satu ruangan yang bersifat publik. Di ruangan ini, anda bisa mengajak tamu yang datang berkunjung untuk menyantap hidangan bersama keluarga. Oleh karena itu, penampilannya pun perlu diperhatikan sedemikian rupa agar suasana di dalamnya terasa nyaman.

Di beberapa rumah dengan jumlah anggota yang banyak, ruang makan bahkan sama sibuknya dengan dapur. Apalagi pada saat jam-jam makan, seperti ketika pagi hari, penghuni rumah selalu menyempatkan diri duduk berkumpul di ruangan ini. Menjaganya tampil menarik tentu akan mampu memberikan perasaan tersendiri bagi orang-orang yang berada di dalamnya.

wallpaper-untuk-ruang-makan.jpg

Contoh Wallpaper untuk Ruang Makan

Umumnya, ruang makan dibuat menyatu dengan dapur, ruang tengah, atau ruang tamu. Karena konsepnya yang terbuka ini, warna yang anda pilih untuk lantai dan dinding masing-masing ruangan tadi harus dibuat mengalir dan tidak menimbulkan keterkejutan. Kebanyakan desainer interior memanfaatkan corak yang ada pada wallpaper sebagai pembeda antar ruangan, sedangkan warnanya tetap sama. Konsep penerapan semacam ini akan membuat eksistensi dan pesona kedua ruangan tetap terjaga.

Salah satu langkah terpenting untuk memilih wallpaper ruang makan adalah berfokus pada fungsi ruangannya. Misalnya jika anda punya anak kecil, anda bisa menggunakan wallpaper bercorak pepohonan, rerumputan, dan motif alami lainnya. Sedangkan dari segi bahannya, pilih wallpaper yang terbuat dari vinyl sehingga mudah dibersihkan.

Khusus untuk ruang makan yang dilengkapi jendela, perhatikan seberapa terang sinar matahari yang bisa memasuki ruangan. Dengan cara ini, anda bisa menghindari penggunaan kertas wallpaper yang mengkilap dan tidak tahan panas matahari. Ruang makan berjendela paling indah dihiasi wallpaper berwarna biru gelap dan warna yang sulit memudar lainnya.

Sementara untuk rumah di mana penghuninya telah berusia dewasa, konsep ruang makan yang paling tepat adalah mengusung tema formal. Corak rumit yang rapi dengan warna lembut akan menciptakan suasana penuh keeleganan di ruangan ini. Anda bisa mencoba motif-motif yang bernuansa Asia, Afrika, dan Eropa sehingga suasana di dalamnya lebih bersinar. Gaya Sissal, Jute, dan wallpaper bergaya rustic akan terlihat sempurna dengan tema ini.

Dalam pemilihan warna wallpaper, anda perlu menyesuaikannya dengan desain ruangan yang hendak diciptakan. Warna biru dan hijau dapat menghadirkan suasana yang menenangkan dan tampak sangat mengundang. Sementara penggunaan wallpaper berwarna hangat, akan membuat suasana yang menyenangkan seperti di restoran-restoran.

Untuk ruangan yang terbuka, anda bisa menggunakan wallpaper bergambar photorealistic. Ruang makan dengan wallpaper semacam ini akan terlihat sangat menarik dan jauh dari kesan membosankan. Selanjutnya, pastikan penggunaan furnitur, perabotan, dan aksesoris lainnya saling terpadu satu dengan yang lain.

Sebagai tips terakhir adalah sesuaikan wallpaper yang anda pilih dengan anggaran yang tersedia. Ingat, wallpaper di ruang makan adalah salah satu bagian dari investasi rumah anda. Selalu perhatikan kualitas dan daya tahan wallpaper yang anda pakai sehingga nuansanya tetap terjaga.