Desain
Jun30

Tips Hemat Mendesain Kamar Mandi

tips-hemat-mendesain-kamar-mandi.jpg

Mau tahu tips hemat mendesain kamar mandi yang menarik? Mendekorasi ruangan ini memang paling banya memakan biaya jika dibandingkan dengan mendekorasi ruangan lainnya. Apa sebabnya? Pertama karena lebih banyaknya kebutuhan tenaga kerja terampil yang diperlukan untuk memasang perlengkapan mandi. Kedua adalah tentu material bahan yang dibutuhkan juga memiliki harga yang lebih mahal.

Untuk mengatasi hal ini, kami akan memberikan tips menata kamar mandi secara hemat. Berikut ini ulasan selengkapnya :

1. Keramik untuk Kamar Mandi

Seperti yang kita ketahui, keramik mempunyai harga yang mahal. Harga ini juga ditambah dengan biaya menyewa jasa tukang bangunan untuk memasangnya. Agar lebih menghemat uang Anda, kami menyarankan batasilah pemakaian jumlah keramik. Fokuslah pada area lantai saja dan tidak perlu memasang keramik di dinding. Dinding cukup Anda permanis dengan memakai cat dinding saja.

Sama halnya jika Anda telah merancang bagian atap kamar mandi dengan tampilan yang sempurna, maka Anda tidak perlu memakai keramik yang mahal. Cukup keramik berpenampilan sederhana saja. Melalui langkah ini, selain bisa lebih menghemat biaya, suasana kamar mandi yang dihasilkan pun bisa memiliki titik fokus.

2. Melukiskan Cat Dinding Baru

Jika Anda tidak menyiapkan anggaran biaya yang cukup banyak dalam pembangunan desain ini, maka pengecatan ulang bisa menjadi salah satu cara termurah dan tercepat untuk menciptakan suasana kamar mandi yang baru. Meskipun pada umumnya kamar mandi itu berukuran lebih kecil, tetapi Anda perlu teknik yang memadai agar bisa mengecat dindingnya yang selalu lembab. Kuncinya, pilih cat dinding yang berkualitas dan mampu membunuh jamur.

3. Ganti Peralatan yang Kecil

Peralatan mandi yang berukuran kecil biasanya memiliki harga yang relatif murah. Oleh karena itu, Anda bisa menggantinya dengan yang baru tanpa khawatir menghabiskan banyak uang. Contoh peralatan yang kami maksud adalah lampu, kran, gantungan handuk, dan laci lemari. Perlu diingat bahwa Anda tidak harus membeli yang baru. Coba kunjungi toko barang antik untuk menemukan gantungan tua yang jauh lebih klasik.

4. Menyegarkan Tampilan Bak dan Toilet

Bak mandi dan toilet adalah perabotan yang harganya mahal. Jadi kali ini, Anda cukup membersihkannya saja sampai benar-benar bersih berkilau. Gunakan produk pembersih kamar mandi yang teruji bisa mengangkat semua noda dan kotoran yang menempel di peralatan-peralatan ini.

5. Beli Bekas

Cara terakhir untuk lebih menghemat pembangunan kamar mandi adalah membeli perabotan dalam kondisi bekas. Anda pasti tahu bahwa harga barang setengah pakai ini lebih murah dari yang baru. Yang penting, selalu utamakan kualitas dan kondisi barangnya dulu ya.