5 Tips Hemat Mendesain Kamar Mandi dengan Budget yang Murah

Kenyataannya memang untuk mendesain kamar mandi membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Selain biaya untuk renovasi ruangan, Anda juga perlu menyediakan anggaran khusus untuk membeli peralatan mandi yang jumlahnya cukup banyak. Apalagi kalau Anda ingin mengubah desain kamar mandi tersebut secara menyeluruh, kami jamin deh Anda pasti memerlukan anggaran yang cukup banyak. Oleh karena itu, orang-orang biasanya enggan mendesain ulang kamar mandi di rumahnya. Akibatnya desain kamar mandi tersebut nampak begitu kuno, ketinggalan zama, atau membosankan.

Mendekorasi kamar mandi memang paling banyak memakan biaya jika dibandingkan dengan mendesain ruangan yang lainnya. Maka dari itu, Anda memerlukan trik khusus dalam menata kamar mandi supaya tak sampai membikin kantung jebol. Sebenarnya dengan mengaplikasikan kiat-kiat alternatif, Anda bisa menciptakan suasana yang baru di dalam kamar mandi. Anda dapat mendesain ulang suasana di kamar mandi menggunakan ide-ide yang sederhana, tidak memerlukan biaya yang banyak, tetapi hasilnya pun tak kalah bagus. Ini merupakan solusi terbaik mendesain dengan budget terbatas.

Trik 1. Menggunakan Lantai yang Lebih Murah

Seperti kita ketahui, keramik mempunyai harga beli yang lumayan mahal. Apalagi sekarang juga susah menemukan keramik berukuran 30 x 30 cm yang harganya lebih terjangkau. Adanya cuma ubin keramik ukuran 50 x 50 cm dan 60 x 60 cm. Tentu harganya jauh lebih mahal lagi. Harga ini juga harus ditambah dengan biaya menyewa jasa tukang bangunan untuk memasangnya. Bagaimana tidak pusing tuh? Anda pun harus menyiapkan uang yang cukup banyak kalau ingin memasang keramik di kamar mandi. Namun tenang karena kami punya siasat yang jitu untuk berhemat di sini.

Nah supaya dapat menghemat anggaran Anda, kami menyarankan batasilah pemakaian jumlah keramik ketika mendesain kamar mandi. Fokuslah pada area lantai saja. Anda tidak perlu memasang keramik di dinding karena cuma akan menghabiskan banyak biaya. Bagian ini cukup Anda hiasi memakai cat dinding saja. Anda juga tidak perlu menggunakan keramik yang mahal. Cukup keramik berpenampilan sederhana tetapi menawan. Melalui langkah ini, selain mampu menghemat biaya berlebih, suasana kamar mandi yang dihasilkannya pun nampak lebih unik dan berbeda.

Alternatif lainnya yaitu Anda dapat menggunakan jenis lantai kamar mandi yang lain selain keramik serta harganya pun lebih murah. Jadi lantai apakah itu? Kami sarankan gunakanlah lantai beton. Lantai beton dikenal pula dengan sebutan lantai semen. Lantai ini dibuat menggunakan adukan semen yang diratakan di permukaan lantai. Kemudian berikan finishing memakai acian. Kalau mau hasilnya lebih menarik lagi, Anda bisa memberikan finishing tambahan dengan lapisan epoxy. Biaya untuk membuat lantai ini pasti lebih sedikit daripada keramik.

Trik 2. Mengaplikasikan Cat Dinding Baru

Jika Anda tidak mempunyai anggaran biaya yang cukup banyak dalam membangun desain kamar mandi, maka pengecatan ulang pada dinding ruangan tersebut bisa menjadi salah satu cara yang paling murah dan paling cepat untuk menciptakan suasana kamar mandi yang baru. Kali ini Anda perlu menggunakan  warna cat dinding yang baru untuk menghasilkan suasana yang baru. Kami sarankan pilih warna-warna yang cerah supaya kesan yang dihasilkannya nampak lebih fresh. Anda bisa mempertimbangkan warna yang saat ini sedang trendy seperti beige, aqua, maroon, tosca, dan lain-lain.

Trik 3. Mengganti Peralatan Berukuran Kecil

Peralatan mandi yang berukuran kecil biasanya memiliki harga yang relatif murah. Oleh karena itu, Anda dapat menggantinya dengan peralatan lain yang baru tanpa perlu khawatir menghabiskan banyak uang. Contoh peralatan yang kami maksud adalah lampu, keran, gantungan handuk, dan laci lemari. Perlu diingat di sini bahwa Anda tidak harus membeli peralatan yang baru. Anda bisa menggunakan peralatan mandi preloved namun kondisinya masih bagus. Cobalah kunjungi toko barang antik untuk menemukan gantungan tua yang jauh lebih menarik dan eye-catching.

Trik 4. Menyegarkan Tampilan Bathtub dan Kloset

Bathtub dan kloset adalah perabotan yang harganya paling mahal di dalam kamar mandi. Mengganti  kedua perabotan tersebut mungkin akan menghabiskan biaya yang cukup banyak. Jadi untuk kali ini, Anda cukup membersihkannya saja sampai benar-benar bersih berkilau supaya keduanya nampak lebih menarik dan berbeda. Caranya bagaimana? Anda bisa menggunakan produk pembersih kamar mandi yang benar-benar sudah teruji bisa mengangkat semua noda dan kotoran yang menempel di kloset dan bathtub ini. Silakan Anda bisa mulai melakukan pembersihannya secara menyeluruh.

Trik 5 Membeli Peralatan Mandi Bekas Pakai

Solusi terakhir untuk lebih menghemat renovasii di dalam kamar mandi ialah membeli perabotan yang kondisinya bekas pakai. Maksudnya Anda dapat menggunakan perabotan dan aksesoris preloved untuk digunakan di dalam kamar mandi. Seperti kita tahu, harga barang-barang setengah pakai ini lebih murah daripada item yang masih baru. Dengan demikian Anda pun tetap dapat mendesain ulang kamar mandi dengan biaya yang terbatas. Anda bisa membeli perabotan bekas pakai ini di pasar loak atau situs-situs online. Yang terpenting, selalu utamakan kualitas dan kondisi barangnya dahulu sebelum membelinya ya.