Desain
Nov10

Prinsip Pembuatan Desain Rumah Minimalis Sederhana

desain-rumah-minimalis-sederhana.jpg

Konsep desain rumah minimalis sederhana sangat cocok Anda terapkan apabila Anda kurang suka dengan suasana rumah yang penuh hiasan namun tetap mengutamakan gaya. Desain minimalis memiliki nilai kesederhanaan yang kuat, baik itu sederhana dalam dekorasinya maupun dalam suasana yang diciptakannya. Karena itulah, pada zaman dahulu banyak sekali orang yang telah menerapkan konsep ini di ruangan meditasi. Sebab selain sederhana, desain minimalis juga bersifat menenangkan.

Secara garis besar untuk menciptakan tampilan minimalis, Anda tidak memerlukan banyak dekorasi dan partisi. Biarkan ruangan tetap kosong agar menghasilkan kesan yang hangat dan menyambut semua orang. Pertimbangkan secara matang penambahan furnitur di setiap sudut rumah, baik itu dari segi jenis, ukuran, maupun warnanya.

Jika Anda tertarik dengan desain ini dan ingin segera mendekorasi ruangan Anda bergaya minimalis berikut ini ada 5 tips yang akan membantu Anda :

1. Desain Minimalis Bergaya Jepang

Apakah Anda pernah melihat bangunan properti yang ada di Jepang? Jepang mempunyai ciri khas tersendiri dalam membangun desain rumah minimalis. Biasanya mereka menggunakan material kayu, kaca, tanaman hias, dan furnitur sederhana untuk menciptakan suasana rumah modern yang elegan. Di beberapa rumah juga terlihat hiasan berupa ornamen dari patung yang diletakkan baik di lingkungan luar maupun interior dalam. Selain itu, pemilihan furnitur yang berbentuk tegas serta motif dari bambu dan bonsai semakin mempercantik desain minimalis bergaya Jepang.

2. Kreatif dalam Menggunakan Warna

Kata siapa untuk menciptakan desain minimalis Anda hanya boleh menggunakan warna putih dan netral saja? Faktanya, Anda dipersilahkan untuk menggunakan jenis warna gelap, beraneka warna, dan warna-warna cerah untuk menghasilkan kesan visual yang menawan. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan satu warna cat untuk bagian dinding dan satu lagi untuk bagian langit-langit. Pilih warna yang berbeda untuk masing-masing bagian ini atau pilih warna yang kontras dan harmonis. Buatlah warna bisa bercerita tentang suasana di dalam ruangan dan jadikan warna ini sebagai hiasan utama di ruangan. Dengan memilih warna yang cantik, Anda hanya perlu menambah beberapa furnitur lagi untuk mempermanis ruangan.

3. Kurang itu Lebih

Seringkali kita berpikir, cara untuk menciptakan ruangan yang nyaman yaitu dengan menambahkan furnitur yang belum ada. Memang hal ini tidak keliru. Tapi, khusus untuk desain minimalis, pertimbangkan lah penambahan furnitur secara matang dan tempatkan di sudut ruangan yang strategis. Agar lebih mudah, Anda bisa membuat catatan kecil yang berisi furnitur apa saja yang Anda perlukan di masing-masing ruangan.

4. Bermain dengan Cahaya

Cahaya adalah unsur desain yang tidak boleh dilupakan. Di dunia desain minimalis, pencahayaan merupakan elemen utama yang harus diatur sebaik mungkin. Unsur cahaya ini mampu menciptakan suasana rumah yang terlihat alami dan hangat. Salah satu cara agar sinar matahari bisa menyebar ke seluruh ruangan adalah melalui pemilihan gorden yang tipis. Tips lainnya adalah dengan menempatkan sumber cahaya tertentu di beberapa sudut ruangan agar memiliki kesan yang berbeda.

5. Bersihkan ruangan

Adapun cara yang paling sederhana untuk membuat rumah bergaya minimalis adalah dengan membersihkan kembali setiap ruangan di rumah Anda. Pertimbangkan sekali lagi penggunaan furnitur di sana dan usahakan ruangan terlihat bersih. Singkirkan semua benda yang sudah tidak diperlukan dan jika memungkinkan Anda bisa mendaurulangnya. Selalu jaga ruangan tetap bersih merupakan kunci dari penciptaan desain rumah.