Desain
Apr26

Tips Desain Arsitektur Rumah Minimalis

arsitektur-rumah-minimalis.jpg

Berbagai macam bentuk rumah minimalis pasti sudah pernah Anda lihat entah itu dari majalah, koran, televisi, ataupun lainnya. Kesemuannya terliha indah dengan bentuk geometris yang khas gaya minimalis. Keindahan yang dimiliki ini tidak bisa dilepaskan dari bagaimana tata letak ornamen pendukungnya dilakukan.

Berikut ini beberapa panduan untuk menciptakan arsitektur khas minimalis :

Proses Pembangunan Rumah

1. Menyusun Perencanaan Ruang

Salah satu karakteristik rumah minimalis adalah suasana ruangan yang terbuka. Hal ini menguntungkan Anda karena bisa menghemat biaya pembangungan rumah dengan hanya menyewa beberapa tenaga kerja untuk membangun dinding dan memasang pintu. Meskipun begitu, kusen besi yang tidak bisa dilepaskan dari konsep minimalis tentu membutuhkan biaya yang lebih banyak daripada kayu. Maka dari itu Anda bisa lebih menghemat biaya tenaga kerja dengan menyewa kontraktor yang memberlakukan tarif per meter persegi. Di sinilah gunanya membuat perencanan yang matang sebelum Anda mendirikan rumah.

2. Memilih Pintu Bergaya Kontemporer

Pintu masuk adalah elemen pertama yang menjadi fokus rumah. Dalam memilih pintu yang tepat, Anda tidak hanya menyeleksinya berdasarkan desain dan gaya, tetapi perlu diperhatikan juga sisi keunikan dari pintu tersebut. Ada berbagai jenis pintu yang tersedia di pasaran saat ini. Misalnya ada pintu poros, pintu geser, pintu ganda dan pintu lipat. Apapun desain pintu rumah yang dipilih, pastikan terbuat dari bahan berkualitas terbaik dan awet. Pintu masuk harus kokoh karena akan sering digunakan oleh semua penghuni rumah.

3. Memilih Jendela Berkaca

Rumah modern sering dilengkapi dengan jendela casement, jendela geser dan jendela kaca. Tujuannya tidak hanya untuk mempercantik desain eksterior, tetapi juga berguna untuk menyediakan jumlah cahaya alami di dalam rumah. Sama halnya saat memilih pintu, perhatikan bahan pembuatnya disamping model dari jendela tersebut. Jendela yang terbuat dari alumunium memiliki kualitas yang lebih kokoh ketimbang jendela dari bahan yang lainnya.

4. Memilih Atap Datar

Hanya dengan membuat atap berbentuk datar, Anda bisa menciptakan kesan modern suatu rumah dalam sekejap. Berbeda dengan zaman dulu di mana atap datar sering mengalami kebocoran, teknik yang berkembang sekarang memungkinkan rumah Anda memiliki atap datar dengan kualitas terbaik. Kelebihan lain atap datar adalah dari segi anggaran yang dikeluarkan lebih sedikit karena luas ruangan yang terbentuk pada atap datar lebih sempit daripada ruangan pada atap yang miring. Pastikan Anda memilih kontraktor atap yang ahli dan teruji karena bagian atap ini sangat berpengaruh dengan kenyamanan rumah yang dimiliki.

Proses Pendesainan Rumah

Dalam memilih furnitur dan aksesoris untuk interior minimalis, selalu berpegang lah pada prinsip kesederhanaan. Gunakan furnitur seminimal mungkin dan tempatkan hanya yang dibutuhkan sehari-hari saja. Sebagai contoh sofa, kursi malas dan beberapa aksesoris kecil.

Pastikan suasana meja terlihat rapi dan pilih meja yang memiliki sudut tegas. Tetapi jika Anda kurang menyukai kesan kaku yang ditimbulkannya, Anda bisa menghiasinya dengan meletakkan karya seni yang unik.

Pada bagian dinding interior, pilih warna yang tidak membuat mata cepat lelah. Warna-warna alami mampu menciptakan kedamaian. Jenis warna hitam dan putih juga sangat populer sebagai warna utama pada rumah minimalis.