Desain
Oct15

Tampil Unik dengan Desain Interior Rumah Berpola Simetris

Sedang mencari inspirasi desain rumah dengan pola simetris? Kebanyakan orang menghindari pola penataan simetris karena cenderung membosankan. Namun di sisi lain, pola ini ternyata juga terlihat unik dan sangat mengesankan. Kabar baiknya, pola simetris lebih mudah dibuat daripada pola-pola yang lainnya.

desain-rumah-simetris.jpg

Pada prinsipnya, pola simetris dihasilkan dari penataan furniture dan aksesoris interior yang dilakukan secara sejajar/segaris. Kuncinya terletak pada penggunaan komposisi yang tepat antar perabotan ini bisa saling melengkapi. Hasilnya, desain ruangan terlihat bersih dan lebih tertata rapi.

tips-desain-rumah-simetris.jpg

Selain mudah dibuat, penataan simetris juga dianggap sebagai pola yang aman. Hal ini karena kesalahan dekorasi yang ditimbulkan oleh pola ini tergolong sangat rendah. Interior rumah bisa tampil lebih menarik dengan penataan yang sederhana.

dekorasi-rumah-simetris.jpg

Pola simetris paling cocok diterapkan di ruang tamu. Salah satu caranya adalah dengan menaruh sofa besar yang diapit oleh dua meja kopi. Selanjutnya, letakkan dua lampu meja atau dua guci di atasnya sebagai pemanis ruangan.

desain-rumah-simetris-yang-unik.jpg

Meskipun pola simetris ini bisa membuat interior tampak lebih unik, namun anda tidak harus menerapkannya ke seluruh sudut rumah. Agar lebih atraktif, kombinasikan beberapa pola rumah untuk membangun hunian yang lebih nyaman. Contohnya, jika di ruang tamu anda menerapkan pola simetris, maka dekorasi di dapur menggunakan pola asimetris.

membuat-desain-rumah-simetris.jpg

Pola simetris semakin mudah dibuat ketika anda menggunakan aksesoris dan furniture berbentuk kotak. Lukisan, rak buku, meja, kursi, dan perabotan berbentuk persegi lainnya memiliki kesan yang jauh lebih tegas. Oleh karena itu, agar pesonanya tak melemah, perabotan yang memiliki bentuk dasar bulat bisa ditaruh di furniture kotak.

menata-desain-rumah-simetris.jpg

Yang tak kalah penting adalah pastikan anda tidak menyesaki interior dengan perangkat-perangkat yang tidak diperlukan. Gunakan furniture seperlunya, karena interior yang sederhana pun bisa tampil manis dengan pola simetris ini. Sebaliknya, ruangan yang terasa penuh sesak tak ubahnya seperti galeri yang tidak nyaman dihuni.