Desain
Oct18

Tak Lekang Waktu, Begini Cara Merancang Desain Rumah Klasik

Meskipun tercipta sejak puluhan tahun yang lalu, hingga saat ini desain rumah klasik tetap memiliki pesona yang begitu kuat. Hal ini terbukti dengan banyaknya rumah-rumah berkonsep klasik di Indonesia, terutama rumah yang berada di kawasan mewah. Maka tak heran jika selanjutnya gaya klasik ini bisa disebut sebagai desain yang bersifat abadi.

Paling tepat konsep rumah klasik diaplikasikan pada hunian untuk keluarga besar. Suasana tempat tinggal yang sangat khas dan langka ini akan cepat menimbulkan perasaan rindu terhadap rumah tersebut. Begitupun saat penghuni-pengung rumah ini telah beranjak dewasa, mereka bisa merasakan kenangan masa-masa kecilnya lebih kuat.

Berikut ini sejumlah tips untuk merancang hunian bergaya klasik.

desain-rumah-klasik.jpg

Kebudayaan Yunani

Pengaruh kebudayaan Yunani pada rumah klasik begitu kental. Hal ini bisa dilihat pada penggunaan ornamen dekoratif yang sangat detail dan mendominasi hampir seluruh sudut ruangan. Patung, relief arsitektur, dan pilar bangunan merupakan beberapa contoh aksesoris yang wajib menghiasi interior rumah. Hiasan-hiasan seperti ini akan menciptakan suasana rumah yang sangat megah dengan nilai seni tinggi.

tips-desain-rumah-klasik.jpg

Barang Antik

Pada umumnya, interior rumah bergaya klasik juga banyak dihiasi dengan furniture-furniture antik. Sebut saja kursi, lemari, piring, hingga guci-guci antik bisa ditemukan di segala penjuru rumah. Bukan kuno, kesan yang ditimpukkan oleh benda-benda seperti ini justru sangat mewah dan elegan.

ide-desain-rumah-klasik.jpg

Material Ekspos

Tak ketinggalan, material ekspos yang tampak unik ini sering terlihat mempermanis rumah. Yang dimaksud material ekspos adalah material yang tidak ditutupi oleh semen, cat, atau aksen lainnya sehingga pesona asli dari material tersebut bisa dilihat dan dinikmati. Biasanya, material ekspos ini dibuat dari serat tumbuhan, kayu, akar, rotan, batu bata, dan batu alam.

desain-rumah-klasik-indah.jpg

Warna Khas Klasik

Ciri-ciri pewarnaan bernuansa klasik adalah penggunaan kombinasi warna yang terinspirasi dari alam. Di sinilah asal terciptanya kesan yang sangat nyaman di mata. Cokelat, hijau, tanah, kayu, biru, putih, dan hitam merupakan contoh-contoh warna yang sangat identik dengan aroma klasik ini.

desain-rumah-klasik-yang-menarik.jpg

Warna Netral

Khusus bagi anda yang ingin tampil berbeda, anda bisa mencoba menerapkan warna netral. Selain lebih fleksibel, penggunaan warna netral juga memungkinkan keberadaan furniture di depannya terlihat lebih jelas. Beberapa contoh warna netral yang sangat pas digunakan untuk rumah ini adalah abu-abu, putih, dan krem.