Desain
Oct30

Sst! Ternyata Ini Rahasia Rumah Sejuk Tanpa AC

Apakah anda ingin memiliki rumah yang sejuk tanpa AC? Semua orang menginginkan rumahnya bisa menjadi tempat berteduh dari sengatan matahari. Namun, minimnya ventilasi mengakibatkan interior rumah terasa sumpek dan panas. Beberapa orang lantas menambahkan AC yang justru akan meningkatkan biaya rumah tangga secara drastis.

Padahal, ada langkah-langkah yang bisa dilakukan agar rumah anda terasa sejuk meskipun tanpa AC lho. Berikut rahasianya :

Rahasia 1 : Plafon yang Tinggi

rumah-sejuk-tanpa-ac.jpg

Solusi pertama untuk menciptakan interior rumah yang sejuk, plafon rumah harus berukuran tinggi. Minimal ketinggian plafon yang ideal adalah tiga meter, sehingga interior aman dari radiasi panas. Selain itu, mengaplikasikan warna terang juga memungkinkan plafon tidak banyak menyerap panas matahari yang mengenai atap.

Rahasia 2 : Lubang Angin Pada Rongga Atap

desain-rumah-sejuk-tanpa-ac.jpg

Untuk rumah beratap datar atau rumah tradisional tanpa plafon, anda bisa membuat rongga di bagian atap. Fungsinya adalah sebagai ventilasi udara untuk mengusir hawa panas yang datang dari arah loteng. Jadi, atap dibuat bertingkat sehingga menciptakan lubang di sela-selanya. Ide ini juga tepat bila diterapkan pada rumah yang berada di pemukiman padat, di mana tidak mungkin dibangun jendela di sisi samping rumah.

Rahasia 3 : Lubang-lubang di Gunungan

inspirasi-rumah-sejuk-tanpa-ac.jpg

Pada rumah beratap miring dengan gunungan di tengah-tengahnya, anda bisa menghadirkan lubang ventilasi pada bagian dinding pelana. Lubang ini akan menjadi jalan keluar masuknya udara, sehingga rumah tidak terasa pengap. Susunlah lubang-lubang ini membentuk pola yang menarik seperti L, kotak, dan segitiga yang disesuaikan dengan desain rumah. Selain itu, jumlah lubang juga perlu disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar, apakah berada di perkotaan atau pegunungan.

Pada dasarnya, rumah akan terasa sejuk bilamana perputaran udara di dalamnya lancar. Hal ini dikarenakan udara segar ini mampu menghalau radiasi panas matahari dan meminimalisir peningkatan jumlah karbondioksida di dalam rumah. Hasilnya, suasana rumah pun akan terasa segar dan sejuk. Selamat mengaplikasikannya di rumah anda!