Desain
Jan10

Solusi Tepat Mengatasi Rumah yang Terasa Sumpek

Bagaimana cara mengatasi rumah yang terasa sumpek? Pada umumnya, perasaan sumpek muncul saat kita berada di dalam ruangan yang memiliki ruang gerak terbatas. Banyaknya barang-barang yang tergeletak di sana-sini tidak hanya merusak keindahan rumah, tetapi juga dapat menyebabkan pikiran penghuninya kacau.

Kalau sudah begini tentu tidak ada solusi yang tepat selain menyingkirkan sumber perasaan ini segera. Tapi, bagaimana caranya?

1. Simpan Barang yang Benar-benar Masih Dibutuhkan

mengatasi-rumah-sumpek.jpg

Seperti yang sudah disebutkan di atas, penyebab utama kenapa suasana rumah terasa sumpek adalah banyaknya barang-barang yang menyesakinya. Itu sebabnya, masalah ini tidak hanya terjadi pada rumah mungil, tetapi juga pada rumah luas yang tidak ditata dengan benar. Semakin banyak barang yang berada di suatu ruangan, maka ruang tersebut akan terasa semakin sumpek karena setiap barang akan memakan beberapa jengkal dimensi ruangan.

Disarankan pada anda untuk memilah-milah kembali semua barang yang ada di rumah. Pisahkan dengan benar mana barang yang bisa dipajang di dalam ruangan, disimpan di gudang, dan mana pula yang harus dibuang karena sudah rusak dan tidak digunakan lagi. Khususnya pada benda yang disimpan di dalam ruangan, sediakan lah tempat penyimpanan yang cukup untuk menampung semua benda ini agar interior terlihat rapi dan tidak gampang berantakan.

2. Pencahayaan Tampak Gelap dan Rumah Terasa Lembab

solusi-rumah-sumpek.jpg

Pada rumah yang tidak dilengkapi jendela, seringkali bagian interiornya tampak gelap dan kurang nyaman. Begitupun jika sirkulasi pada rumah tersebut buruk, lingkungan rumah menjadi lembab dan pengap karena udara di dalamnya tidak mengalir dengan lancar. Selain mengakibatkan interior terasa sumpek, dua hal ini juga dapat mengganggu kesehatan anda selama tinggal di rumah tersebut.

Perbaikan yang paling penting adalah menyediakan bukaan-bukaan yang efektif sebagai jalur masuknya udara dan cahaya alami. Sediakanlah beberapa jendela dan lubang angin di beberapa titik ruangan. Bangun juga skylight untuk memaksimalkan sinar matahari yang dapat memasuki rumah. Jangan lupa, bersihkan rumah setiap hari agar kesan sumpek di dalamnya sirna.

3. Gunakan Produk Compact untuk Menghemat Tempat

cara-mengatasi-rumah-sumpek.jpg

Bagi anda yang gemar mengoleksi berbagai barang khususnya perangkat elektronik, ukuran ruangan yang tidak memadai terkadang membuat perangkat yang anda miliki sebagai sumber masalah baru. Oleh karena itu, sebaiknya pilih suatu barang yang didesain secara compact untuk menunjang keperluan hidup modern. Pada umumnya, barang seperti ini memiliki bentuk yang efisien sehingga bisa menghemat banyak tempat.

Contohnya pada produk televisi, alih-alih anda membeli TV model Tabung yang memakan banyak tempat, gantilah pilihan tersebut dengan televisi berlayar datar seperti LED TV dan Plasma TV. Coba juga mengganti kebiasaan mencuci baju secara manual yang membutuhkan ruangan khusus, dengan mengubahnya memakai bantuan mesin cuci. Pada area dapur, anda bahkan bisa membuang perasaan sumpek jauh-jauh dengan membiasakan diri mencuci peralatan setiap kali selesai menggunakannya.

4. Usung Konsep Interior Rumah yang Terbuka

agar-rumah-tidak-sumpek.jpg

Suasana sumpek juga bisa disebabkan oleh banyaknya sekat di dalam rumah yang menyebabkan interiornya mengecil. Padahal jika anda menyatukan beberapa ruangan yang bertema sama, dengan mudahnya suasana sumpek tersebut akan lenyap.

Mulailah dengan menggabungkan ruang tamu dan ruang keluarga ke dalam satu ruangan. Biarkan tamu yang berkunjung ke rumah bisa membaur lebih akrab dengan seluruh keluarga. Coba juga menyatukan ruang makan dan dapur sehingga suasana makan menjadi lebih meriah berkat hilangnya batas ruangan.