Desain
Feb20

Perbandingan antara Pemakaian Wallpaper dan Cat Dinding

Setidaknya, tampilan pada dinding interior rumah anda bisa dipermanis dengan bantuan wallpaper maupun cat dinding. Ruangan yang dramatis dan gelap bisa dengan mudah dibuat lebih terang dan lembut dengan menggunakan cat berwarna cerah dan pucat. Sementara, ruangan yang kelihatan terlalu besar bisa dibuat lebih nyaman dengan memasang wallpaper dinding yang gelap dan bermotif mencolok.

perbandingan-wallpaper-dan-cat-dinding.jpg

Melihat fungsi utamanya di atas, tak heran pemakaian cat dinding dan wallpaper sering menimbulkan pro dan kontra tersendiri. Nah kali ini, kami akan mencoba membandingkan antara wallpaper dan cat dinding secara netral :

Faktor 1 : Kemudahan Aplikasi

Seberapa lama waktu yang anda perlukan baik untuk memasang wallpaper dinding maupun menguaskan cat tembok? Proses pemasangan wallpaper dinding selalu memerlukan ketelitian tinggi agar susunan potongan-potongan kertas wallpaper tampak rapi. Proses ini terkadang lebih rumit dari saat kita mengaplikasikan cat dinding, meskipun hasilnya bisa lebih cepat terlihat. Selain ditempelkan langsung ke dinding karena sudah dilengkapi plester, beberapa produk wallpaper masih membutuhkan lem khusus sebagai perekatnya. Tingkat kesulitan aplikasi wallpaper ini bahkan semakin berlipat ganda ketika anda ingin melepas kertas wallpaper tersebut dari dinding rumah.

Sementara itu, apabila anda menggunakan cat dinding, setidaknya dibutuhkan waktu selama 24 jam untuk menunggunya kering dan melihat hasilnya. Meskipun tidak ada motif, warna dinding bercat umumnya lebih jelas, begitupun dengan pilihan warnanya yang tersedia lebih banyak. Selain itu, tingkat kesulitan proses mengecat terbilang lebih mudah dibandingkan dengan pemasangan wallpaper.

Faktor 2 : Biaya Instalasi

Saat ini, wallpaper dan cat dinding tersedia dalam berbagai pilihan kualitas, di mana harganya pun berbeda-beda dari yang paling murah hingga termahal. Akan tetapi, jika dirata-ratakan harga wallpaper umumnya lebih mahal ketimbang harga cat tembok, begitupun dengan biaya jasa instalasinya. Sebagai catatan, apabila kertas wallpaper yang anda beli tidak terlalu mahal dan pemasangannya dilakukan sendiri, hal ini bisa mengurangi biaya instalasi yang dibutuhkan.

Di sisi lain, cat dinding umumnya berharga lebih murah dan juga mudah diaplikasikan, sehingga orang awam pun bisa menerapkan cat ke dinding dengan baik. Ini berarti anda hanya memerlukan biaya pengadaan produk tanpa dibutuhkan biaya instalasi. Akan tetapi, jika anda memilih cat yang mutakhir dengan teknologi tekstur dan menggunakan jasa tukang profesional, hal ini juga bisa melambungkan biaya yang diperlukan.

Faktor 3 : Pilihan dan Kualitas

Antara cat dan wallpaper, keduanya hadir dalam pilihan yang beranekaragam. Saat ini, jenis cat dinding sudah cukup banyak yang bisa dibedakan menurut tingkat kecerahan warnanya dan bahan penyusunnya. Kami pernah membahas secara lengkap jenis-jenis cat dinding di sini. Secara garis besar, cat bisa diaplikasikan di dinding ruangan dengan karakteristik apapun, baik yang bersuhu panas maupun yang berkelembaban tinggi.

Tak jauh berbeda, wallpaper juga terdiri dari bermacam-macam jenis, di mana bisa dibedakan menurut bahan dasar kertas yang dipakainya. Oleh sebab itu, anda masih bisa mengaplikasikan wallpaper ini di berbagai sudut rumah, bahkan ruangan yang sibuk sekalipun. Namun, kebanyakan wallpaper rentan terhadap panas dan kelembaban tinggi, sehingga sebaiknya anda menghindari memasang wallpaper di dapur dan kamar mandi.

Di atas adalah tiga faktor utama yang membedakan antara wallpaper dan cat dinding. Bagaimanapun, kedua bahan ini sama-sama bisa diandalkan untuk menghiasi rumah anda. Apabila anda ingin mendekorasi rumah dengan lebih mudah, praktis, dan murah, maka pilihlah cat dinding. Sedangkan, jika anda tertarik berkreasi dengan corak dan warna, serta tersedia budget dan waktu yang cukup, tak ada salahnya mencoba wallpaper.