Pengen Rumah Mewah Tapi Murah? Yuk, Tiru Desainnya!

Anda mungkin termasuk salah seorang yang suka dengan desain rumah mewah? Memang benar, rumah yang mewah dapat menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita yang memilikinya. Kita merasa puas telah berhasil membangun rumah tersebut hasil dari jerih payah bekerja selama ini. Rumah yang mewah sudah pasti suasananya terasa nyaman. Selain itu, rumah ini juga mempunyai suasana yang menenteramkan hati serta membuat kita merasa betah tinggal di dalamnya.

Sudah bukan rahasia lagi kalau membangun rumah yang desainnya mewah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bahkan anggaran biaya yang diperlukan untuk membuat rumah ini jauh lebih besar dibandingkan dengan rumah minimalis. Mengapa? Sebab untuk menciptakan nuansa penuh kemewahan di dalam rumah, kita memang membutuhkan barang-barang yang mewah. Nah, sebagian besar dari barang-barang mewah ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi.

Namun kenyataannya, membuat desain rumah yang mewah tidak selalu harus mengeluarkan banyak biaya. Anda masih tetap bisa menghemat anggaran asalkan tahu bagaimana cara melakukannya.

rumah-mewah-tapi-murah.jpg

Pilih Warna Cat yang Glamor

Dimulai dari pemilihan warna cat dinding untuk rumah berdesain mewah harus tepat. Pakailah warna yang mampu menghasilkan kesan glamor dan elegan. Beberapa warna yang kami rekomendasikan di antaranya putih, ungu, krem, peach, dan beige. Jika rumah Anda berukuran cukup besar, Anda bisa menggunakan warna gelap untuk mempertegas kesan glamornya. Misalnya seperti cokelat tua, biru dongker, merah hati, dan pink mawar. Di sisi lain, Anda sebaiknya menghindari warna-warna yang dapat memunculkan kesan ceria dan kekanak-kanakan.

Buat Lantai Lebih Mengkilap

Rumah yang mewah selalu mempunyai lantai yang mengkilap di permukaannya. Saking bersih dan licinnya permukaan lantai tersebut, cahaya yang mengenainya akan langsung memantul. Hal ini membuat permukaan lantai tampak kinclong seperti kaca. Selain dari pemilihan jenis lantai yang harus tepat, Anda juga perlu merawat lantai ini dengan baik supaya terjaga kilauannya. Bersihkan lantai setiap saat. Jika memungkinkan, lantai perlu dipel sebanyak 2 kali per hari yakni saat pagi dan sore hari. Gunakan obat lantai untuk meningkatkan kilauannya.

desain-rumah-mewah.jpg

Perbanyak Penggunaan Kaca

Kesan mewah selalu muncul dari benda-benda yang berkilau. Contohnya seperti perak, emas, kristal, dan porselen yang disukai oleh banyak orang karena tampak bersinar ketika tertimpa cahaya. Untungnya bukan hanya perhiasan saja yang berkilau saat terkena sinar, tapi kaca juga mampu memantulkan cahaya sehingga permukaannya terlihat mengkilap. Seperti kita tahu, kaca memiliki harga yang jauh lebih murah. Alih-alih memakai barang yang mahal, Anda bisa memaksimalkan penggunaan kaca untuk meningkatkan kesan mewah pada rumah. Hadirkan kaca ini pada dinding, partisi, atap, lemari, meja, sampai hiasan dinding.

Ciptakan Interior yang Lapang

Interior pada rumah mewah ditata dengan pengaturan sebaik mungkin. Pemiliknya memiliki selera desain yang begitu tinggi sehingga mampu mengatur setiap sudut interior agar penuh dengan nuansa keindahan. Interior rumah sama sekali tidak terkesan sebagai gudang untuk menyimpan barang-barang milik penghuninya. Melainkan keberadaan barang-barang ini justru memperkuat nilai keindahan di dalamnya. Anda pun harus bertindak demikian. Ketahui berapa kapasitas interior rumah Anda untuk menyimpan barang. Maksimalkan bidang yang tersedia dengan tetap menjaga kondisinya supaya tetap lapang.

Gantungkan Tirai yang Menjuntai

Coba lihat kastil-kastil di bangunan bergaya Eropa. Interiornya pasti tak luput dari keberadaan tirai yang menjuntai hingga ke bawah. Hal ini berbanding terbalik daripada rumah bergaya tropis yang selalu memakai tirai dengan ukuran yang pas seperti jendela. Pada rumah mewah, pemilik sengaja menggunakan tirai yang ukurannya kepanjangan. Saking panjangnya tirai ini, permukaan bawahnya bahkan sampai menjuntai di atas permukaan lantai. Trik ini dapat memunculkan kesan anggun pada ruangan. Apalagi jika Anda memilih tirai yang terbuat dari bahan yang cukup berat serta warnanya cenderung gelap.

tips-membuat-rumah-mewah.jpg

Aroma Wewangian di Seluruh Penjuru

Anda juga tidak boleh membiarkan rumah memiliki bau yang kurang sedap karena kondisi ini berlawanan dengan konsep desain rumah mewah itu sendiri. Rumah mewah selalu bersih dan wangi. Bahkan tidak sedikit penghuninya yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli bunga potong setiap hari dengan maksud untuk menyegarkan suasana rumah dan menghadirkan aroma wangi di setiap penjurunya. Namun untuk menyiasati bunga potong yang memang harganya lumayan mahal, Anda bisa memetik sendiri bunga-bunga di taman terdekat atau memakai bumbu-bumbu dapur sebagai aroma terapi alami.

Keberadaan Taman di Depan Rumah

Desain rumah mewah juga tidak bisa dilepaskan dari adanya taman di depannya. Taman di depan rumah ini terlihat begitu indah, seolah-olah menjadi penyambut bagi semua orang yang hendak berkunjung ke dalam rumah dan merasakan sensasinya. Tumbuh-tumbuhan untuk taman di bagian depan sebaiknya dipilih dari tanaman yang mampu menghasilkan bunga yang indah dan wangi. Sedangkan tanaman buah hendaknya ditanam di halaman belakang. Jangan lupa untuk merawat dan memangkas tumbuh-tumbuhan ini supaya keindahan dan kerapian bentuknya tetap terjaga.