Desain
Sep4

Pencahayaan Fasad Rumah untuk Perindah Eksterior

Kata fasad berasal dari bahasa perancis yakni facade yang berarti depan. Jadi fasad adalah sisi luar suatu bangunan pada bagian muka. Tetapi ada juga yang mengartikan fasad sebagai eksterior yang mencakup sisi depan, samping, dan belakang suatu bangunan.

Letaknya yang berada di bagian paling depan membuat desain fasad rumah dapat menciptakan kesan pertamakali yang mendalam. Lebih-lebih jika fasad tersebut mempunyai kekhasan dan karakteristik tersendiri. Apabila tampilan fasad terlihat menarik, siapapun pasti bakal kepincut untuk menjelajahi rumah tersebut lebih dalam lagi.

pencahayaan-fasad-rumah.jpg

Pencahayaan Pada Fasad Rumah

Di malam hari, anda bisa memanfaatkan cahaya lampu untuk memperindah pesona fasad. Ragam pilihan lampu yang tersedia saat ini bakal memudahkan anda dalam memainkannya. Tidak hanya lampu yang menyorot ke bawah, lampu jenis uplight pun akan mempertegas keberadaan suatu benda.

Sembunyikan Keberadaan Lampu

Tidak ada yang salah ketika anda mempertontonkan keberadaan suatu lampu. Namun akan tampak semakin indah bila posisi lampu sengaja dibuat tersembunyi. Jadi hanya semburat cahaya saja yang nampak mengenai benda-benda. Tujuannya untuk memunculkan kesan alami pada fasad. Anda bisa meletakkan lampu di antara semak-semak, memasang di bawah pot, atau membungkusnya dengan ornamen yang menarik.

Kombinasikan Downlight dan Uplight

Downlight adalah cahaya yang memancar ke bawah dan biasanya dipakai untuk menerangi objek-objek di sudut fasad. Sementara uplight ialah cahaya yang memancar ke atas yang digunakan untuk menonjolkan keberadaan suatu objek. Uplight sangat bagus diarahkan pada tiang, patung, pohon, dan benda-benda berukuran besar lainnya. Paduan downlight dan uplight akan menciptakan fasad yang megah.

Lakukan Sesuai Desain

Pengaturan pencahayaan juga perlu disesuaikan dengan desain fasad yang ingin dibangun. Sebagai contoh, pada rumah bergaya klasik eropa. Alangkah baiknya pilar-pilar bangunan disorot memakai uplight sehingga tampak kokoh dan mewah. Lain lagi dengan rumah modern minimalis, cahaya hendaknya diarahkan ke dinding kaca untuk menimbulkan efek dramatis.

Pilih Lampu Bercahaya Kekuningan

Untuk fasad, lampu bercahaya kuning lebih baik daripada lampu bersinar putih. Sebabnya lampu ini mampu menghadirkan nuansa elegan yang begitu kental dan otomatis mengangkat nilai estetika fasad. Pemakain lampu kerlip berwarna-warni hanya boleh dilakukan di momen perayaan tertentu seperti hari kemerdekaan Indonesia, lebaran, natal, tahun baru, imlek, dan sebagainya.

Gunakan Set Lampu Dimmer

Lampu dimmer adalah lampu yang bisa diatur tingkat kecerahan sinarnya. Lampu ini tak hanya cocok untuk interior, tapi juga eksterior. Perbedaan kondisi lingkungan luar rumah pada sore dan malam hari dapat menimbulkan perbedaan nuansa fasad yang diciptakan oleh lampu. Dengan adanya lampu dimmer, anda bisa mengurangi kecerahan sinar lampu di sore hari dan menambahkannya saat malam.