Desain
Nov2

Nih, 5 Saran Focal Point untuk Interior Rumah

Setiap ruangan tentu memerlukan focal point sebagai pusat desain. Nah ternyata, ada cukup banyak lho unsur dekorasi yang bisa kita jadikan sebagai titik fokus interior ini. Penasaran apa saja?

1. Perangkat Elektronik

focal-point-ruangan.jpg

Di era modern, penambahan barang elektronik ke dalam suatu ruangan akan langsung menjadi pusat perhatian. Apalagi bila perangkat tersebut tergolong keluaran terbaru dengan teknologi yang paling mutakhir, pasti ruangan akan langsung terasa sangat canggih. Biasanya ruang tamu dan ruang keluarga menempatkan televisi sebagai focal point-nya. Sedangkan, pada lingkungan dapur, kulkas lah yang berperan besar terhadap desain seisi ruangan.

2. Karya Seni

macam-focal-point-ruangan.jpg

Lukisan, vas bunga, patung, anyaman, dan kerajinan tangan lainnya sering terlihat di salah satu sudut ruangan. Tak hanya bertindak sebagai hiasan saja, kerajinan tangan ini bisa menjadi focal point yang menarik apalagi bila bentuknya unik. Perlu diperhatikan, dalam pemilihan karya seni ini, anda perlu menyesuaikannya dengan tema ruangan. Hal ini dilakukan agar karya seni tersebut mampu tampil menonjol tanpa keluar dari konsep. Sebagai contoh, untuk interior bergaya modern, anda bisa menambahkan lukisan yang berjenis abstrak dan menghindari pemakaian bingkai dengan ukiran-ukiran rumit.

3. Arsitektur

jenis-focal-point-ruangan.jpg

Terutama untuk ruangan yang berukuran cukup mungil, anda tak perlu repot memasukkan suatu barang sebagai focal point yang justru akan mempersempit ruangan. Cukup gunakan saja fitur dari arsitektur ruangan yang telah ada sebagai titik pusatnya. Misalnya, jika di ruang tamu anda terdapat jendela yang cukup lebar, anda bisa mengatur sofa-sofa menghadap ke arah jendela tadi sehingga ruangan terasa lebih luas. Langkah ini akan semakin sempurna jika di balik jendela tersebut telah tersaji pemandangan alam yang luar biasa indahnya.

4. Tanaman

aneka-focal-point-ruangan.jpg

Pernah berpikir menjadikan tanaman sebagai focal point ruangan? Kehadiran tanaman di dalam rumah tidak hanya mampu menciptakan lingkungan yang tampak asri, melainkan juga suasananya pun menjadi lebih sejuk. Sama seperti sebelumnya, dalam pemilihan tanaman ini, anda pun perlu menyesuaikannya terhadap dekorasi interior yang diusung. Contohnya, anda ingin membangun ruang tamu yang bernuansa asia, maka pilihan tanaman yang sesuai adalah kaktus dan bonsai. Untuk membuat tanaman tersebut tampil lebih menarik, jangan lupa meletakkannya pada pot yang unik.

5. Furniture

inspirasi-focal-point-ruangan.jpg

Ukurannya yang besar memungkinkan furniture bisa diolah menjadi focal point yang sangat menonjol. Salah satu caranya, anda dapat mengaplikasikan cat berwarna terang pada furniture tersebut. Sebagai alternatif, bisa juga menempatkan furniture tersebut di posisi yang jarang dipakai, seperti di pojok ruangan atau di bawah jendela. Karena letaknya yang tidak biasa ini, maka timbullah kesan focal point terlihat unik.