Desain
Jul11

Ide Manis Desain Interior Rumah Minimalis

Sponsored Links

desain-interior-rumah-minimalis.jpg

Bagaimana cara menata desain interior rumah minimalis dengan mudah? Apakah Anda sudah tidak tahan lagi dengan suasana rumah Anda saat ini, di mana banyak barang yang berserakan, menumpuk, berantakan, dan terasa sempit? Sekaranglah saatnya Anda merubah tampilan interior rumah agar lebih nyaman ditinggali. Adapun salah satu caranya adalah dengan mengosongkan ruangan di dalam rumah Anda dengan menciptakan desain minimalis.

1. Pilihan Warna Cat Minimalis

Coba perhatikan dinding interior rumah Anda saat ini, bagaimana tampilannya? Seringkali orang memasang aneka hiasan dinding begitu banyak yang malah akan menyebabkan kesan berantakan. Sebenarnya, untuk mempermanis dinding bisa dilakukan dengan cara lain yaitu dengan menggoreskan warna cat yang cantik. Adapun untuk tatacara yang perlu Anda perhatikan saat mengecat ruang interior minimalis yaitu :

  • Gunakan hanya satu atau dua warna saja
  • Hindari warna yang terlalu gelap atau terlalu terang
  • Coba gunakan warna yang netral dalam skala abu-abu

Hindari menggunakan warna cat dinding yang berbeda-beda untuk setiap ruangan karena akan merusak desain yang ingin diciptakan. Cukup gunakan beberapa warna saja untuk seluruh interior rumah. Hindari juga memakai warna gelap yang dominan karena akan menimbulkan kesan sempit dan tertutup pada interior rumah. Cobalah menggunakan dominasi warna putih atau abu-abu terang agar tampilan ruangan terasa lebih luas dan nyaman di mata.

2. Pilih Hiasan Dinding yang Tepat

Setelah Anda selesai memilih warna cat dinding yang akan digunakan, kini saatnya untuk mendekorasi interior rumah. Sebelum Anda memulainya, tentukan dinding mana saja yang akan diberikan hiasan dan dinding mana juga yang dibiarkan tetap kosong tanpa dekorasi. Cara ini dilakukan untuk menciptakan konsentrasi di dalam ruangan. Jika pandangan mata terarah ke satu sudut, maka fokus ruangan pun akan tercipta. Baru setelah itu Anda bisa memberikan hiasan berupa bingkai berdesain sederhana. Anda bisa menyesuaikan gambar apa yang akan mengisi bingkai ini. Bisa dengan sebuah lukisan, foto, sketsa, atau benda koleksi asalkan warnanya serasi dengan warna dinding sebagai latarnya. Adapun untuk jenis hiasan dinding yang cocok ditempatkan di ruang minimalis yaitu :

  • Sederhana
  • Satu turunan warna
  • Mudah dipindahkan
  • Jelas dalam ukuran dan bentuknya
  • Tidak mengganggu

3. Furnitur Minimalis : Kurang itu Lebih

Untuk menjaga agar ruangan Anda tidak terasa sesak dengan keberadaan furnitur, Anda bisa menempatkannya pada sudut-sudut yang ingin Anda jadikan fokus ruangan. Hindari meletakkan furnitur hanya sebagai aksesoris saja. Sebagai contoh, jika misalnya Anda tidak memerlukan meja besar di ruang tamu, silahkan ganti dengan meja yang lebih kecil. Begitupun jika Anda tidak memerlukan bantal sofa, maka Anda bisa menghilangkannya dari ruangan ini. Dalam pemilihan warna furnitur, gunakan jenis warna yang lembut dan ringan agar terlihat serasi dengan dinding. Hindari menambahkan furnitur yang bermotif ramai dan penuh ornamen dekoratif.

4. Tata ulang semuanya

Setelah menguasai teknis dasar dalam menciptakan ruangan minimalis, saatnya Anda menata ulang seluruh ruangan. Bersihkan semua langit-langit, meja, dan rak dari kotoran dan debu. Hias ulang bagian-bagian rumah agar terlihat lebih minimalis. Singkirkan semua benda yanghanya memenuhi ruangan dan sudah tidak diperlukan lagi. Untuk menciptakan konsep desain minimalis, Anda bisa memanfaatkan setiap sudut rumah secara maksimal. Caranya dengan memilih benda-benda apa saja yang diperlukan. Pertimbangkan sekali lagi keberadaan suatu barang di dalam rumah, apakah Anda memang benar-benar membutuhkan? Jika tidak, maka Anda bisa menyimpannya di gudang. Sebenarnya, membersihkan ruangan itu jauh lebih mudah daripada menciptakan desain di suatu ruangan. Karena itulah, setelah desain interior rumah minimalis Anda tercipta, jangan malas untuk selalu membersihkannya.

Tags: desain interior rumah rumah minimalis

Sponsored Links

  • SHARE!

Related Posts