Membuat Partisi Ruang Tamu yang Bergaya Minimalis

Ruang tamu memiliki fungsi sebagai tempat penerimaan tamu. Semua tamu yang berkunjung ke rumah kita akan dijamu di dalam ruangan ini. Ini merupakan ruangan publik yang lokasinya berada di interior. Masalahnya kadang-kadang kita menyatukan ruangan ini dengan ruangan lain yang bersifat privasi. Contohnya ruang tamu yang digabungkan dengan ruang keluarga, ruang makan, atau dapur. Padahal di sisi lain kita perlu menjaga privasi keluarga.

Di sini pentingnya partisi tambahan untuk ruang tamu. Partisi ini berperan sebagai pembatas yang memisahkan antara ruang tamu dengan ruangan lainnya. Partisi akan melindungi privasi Anda sekeluarga tanpa mengesampingkan kenyamanan suasana di ruang tamu. Saat ada tamu yang datang ke rumah, Anda sekeluarga tetap bisa beraktivitas dengan nyaman di ruangan lain yang berada di sampingnya. Sehingga fungsi setiap ruangan pun tetap terjaga dengan baik.

partisi-ruang-tamu-minimalis.jpg

Kalau rumah Anda dibangun dengan desain minimalis, Anda juga masih bisa kok menggunakan partisi tambahan untuk ruang tamu. Tentu saja partisi tersebut perlu disesuaikan dengan tema minimalis itu sendiri. Anda wajib tetap menjunjung tinggi pakem-pakem yang terkait dengan desain minimalis. Di antaranya yaitu bentuknya yang sederhana, memiliki tampilan yang bersih, tidak merepotkan penghuni rumah, serta mempunyai beberapa fungsi sekaligus.

Partisi yang bergaya minimalis bisa Anda buat dari bahan-bahan berikut ini!

Rak Buku

Rak merupakan partisi yang sangat sempurna untuk ruang tamu dengan konsep minimalis. Rak ini bisa menjadi partisi sekaligus tempat meletakkan berbagai barang seperti buku, boneka, vas bunga, kerajinan tangan, dan sebagainya. Anda bisa memilih rak tanpa pintu maupun dinding belakang. Jadi rak tersebut hanya berupa kisi-kisi saja. Kemudian pajang koleksi pernik-pernik Anda di dalam rak ini. Pasti para tamu yang berkunjung pun akan senang melihatnya. Suasana di dalam ruang tamu pun akan semakin menarik.

Tirai Kain

Tirai juga cocok sekali digunakan sebagai pembatas tambahan untuk ruang tamu. Bagi ruangan berdesain minimalis, pemakaian tirai akan menghadirkan nuansa mewah di dalamnya. Suasana ruangan menjadi bertambah elegan dengan kehadiran tirai tersebut. Tapi Anda harus berhati-hati dalam memilih model tirai yang akan digunakan. Sebab pemilihan tirai yang salah malah akan merusak konsep minimalis yang ingin Anda ciptakan. Sebaiknya pilihlah tirai yang ringan, warnanya cerah, dan memiliki motif modern.

Partisi Kayu

Anda pun bisa membuat partisi menggunakan kayu. Material ini cocok sekali dikombinasikan dengan desain rumah yang bergaya minimalis berkat penampilan alami yang dimilikinya. Ruang tamu minimalis akan terlihat semakin memesona dengan adanya partisi tersebut. Tidak masalah apakah Anda membuat partisi sendiri dari nol memakai papan-papan kayu atau membeli partisi yang sudah jadi di toko mebel. Partisi kayu yang tetap menonjolkan karakteristik kayu patut Anda pilih. Aplikasi pernis dan pelitur akan meningkatkan nilai partisi tersebut.

Anyaman Bambu

Jangan salah. Produk kerajinan tangan dari anyaman bambu kini justru sangat diminati, apalagi di pasar internasional. Daya tarik utama dari produk kerajinan bambu ini berasal dari motif anyaman yang terbentuk secara alami dari susunan bilah-bilah bambu dengan pola tertentu. Anda tidak akan menemukannya di material apapun selain bambu. Jika ingin berhemat, Anda bisa membuat partisi ini dari tikar anyaman bambu yang dibingkai menggunakan tongkat bambu. Jangan mengecatnya. Biarkan warna alami bambu tetap terpancar.