Desain
Oct1

Macam-macam Bentuk dan Desain Atap Rumah

Atap merupakan bagian rumah yang turut mempengaruhi tampilan eksterior hunian anda. Letak atap yang tinggi membuatnya kerap menjadi perhatian utama. Karena itu, pembangunan atap yang tepat akan memberikan andil besar terhadap nilai rumah secara keseluruhan.

Apa saja macam-macam bentuk dan desain atap rumah?

1. Atap Simetris

bentuk-atap-rumah.jpg

Atap simetris adalah atap yang memiliki ukuran panjang sisi kanan dan sisi kiri yang sama. Bentuk atap seperti ini biasanya digunakan pada rumah-rumah tradisional, seperti rumah adat jawa. Semakin miring sudut yang diambil, semakin kecil juga peluang atap tersebut bocor. Hanya saja, kami menganjurkan kemiringan yang paling aman adalah 28 sampai 30 derajat.

2. Atap Asimetris

desain-bentuk-atap-rumah.jpg

Panjang yang berbeda antara sisi kanan dan sisi kiri pada atap asimetris membuatnya tampak unik. Bisa dilihat pada gambar di atas, bagaimana pesona yang ditimbulkan oleh bentuk ini mampu mempercantik tampilan eksterior rumah dengan lebih baik. Namun karena beban yang ditanggung rangka tidak seimbang, perlu perencanaan yang matang saat mendirikan atap ini. Begitupun jika kurang kreatif memainkan elemen dekorasi, maka atap akan terlihat aneh.

3. Atap Datar

bentuk-atap-rumah-minimalis.jpg

Atap berbentuk datar biasanya diaplikasikan pada rumah berkonsep minimalis. Desain atap ini terlihat sangat sederhana namun punya nuansa khas modern. Akan tetapi, bentuknya yang datar juga membuat air hujan yang jatuh ke atap ini sulit mengalir. Oleh sebab itu, selain mempertimbangkan memakai bahan yang kokoh, atap juga perlu dirawat secara rutin agar tidak ditumbuhi jamur dan lumut. Paling pas jika bentuk atap ini diterapkan pada lingkungan perkotaan di mana ukurannya mungil, karena atap bisa berfungsi sebagai ruang tambahan.

4. Atap Bertingkat

bentuk-atap-rumah-unik.jpg

Disebut bertingkat karena bentuk atap ini terdiri dari tingkatan-tingkatan dengan ketinggian yang berbeda-beda. Keseluruhan atap dibuat seolah-olah terdiri dari beberapa bagian dan tidak menyatu. Kesan yang ditimbulkan atap ini adalah tampilannya yang terlihat lebih megah. Biasanya, atap paling tinggi digunakan pada ruang tamu supaya rumah terasa lebih luas akibat langit-langit yang tinggi.

5. Atap Hijau

bentuk-atap-rumah-ramah-lingkungan.jpg

Istilah hijau bukan karena warnanya, melainkan disebabkan oleh sifatnya yang ramah lingkungan. Isu global warming membuat masyarakat ingin menciptakan rumah yang ramah lingkungan, di antaranya adalah dengan membuat roof garden dan panel surya. Roof garden merupakan sebuah taman yang dibangun di atap rumah. Sedangkan panel surya adalah jenis atap yang terbuat dari sel yang mampu mengubah energi panas matahari menjadi energi listrik. Kedua desain atap ini bisa menjadi pertimbangan anda untuk mendapatkan rumah yang lebih menarik.

6. Atap Terbelah

bentuk-atap-rumah-terbelah.jpg

Pada dasarnya, atap terbelah merupakan pengembangan dari atap simetris dan asimetris. Selanjutnya, atap tersebut dibelah pada bagian tengahnya agar tampak unik dan berkelas. Jangan salah sangka, pembuatan atap ini juga terbilang rumit. Apalagi saat membelah atap dan membuat desainnya terlihat seimbang.