Desain
Jun15

Langkah-langkah Merancang Jalan Setapak di Taman!

Bagaimana langkah-langkah merancang jalan setapak di taman yang indah? Orang mana yang tidak ingin rumahnya terlihat cantik dan menarik? Salah satu caranya untuk memperindah tampilan rumah adalah dengan membuat taman di halaman depan dan belakangnya. Namun, taman rumah yang dipenuhi bunga berwarna-warni saja sudah terlalu biasa. Bagaimana jika taman tersebut dipermanis dengan jalan setapak yang berdesain indah?

cara-merancang-jalan-setapak.jpg

Taman dengan Jalan Setapak

Jalan setapak adalah jalanan yang sengaja dibuat untuk dipakai berjalan kaki. Biasanya jalanan ini berukuran kecil dengan lebar tak lebih dari semeter. Karena mampu memperkuat kesan natural, adanya jalan setapak bakal membuat taman terlihat alami dan asri.

Biar tampak indah, cobalah langkah-langkah membangun jalan setapak di taman rumah berikut ini :

Langkah 1 : Rancang Desain Awalnya

Pada umumnya, jalan setapak dibentuk dengan desain awal lurus dan berkelok-kelok. Jalan yang lurus membuat taman terlihat minimalis, tegas, dan modern. Sementara itu, jalan yang berkelok-kelok akan mengingatkan anda dengan pemandangan khas pedesaan. Pilih bentuk jalan setapak yang sesuai dengan desain rumah anda secara keseluruhan. Selanjutnya buatlah sketsa jalan tersebut di secarik kertas dan perkirakan juga lebar jalannya. Jangan lupa catat pula bahan-bahan material yang akan dipakai untuk membangun jalan setapak tersebut.

Langkah 2 : Tentukan Gaya yang Tepat

Setidaknya, ada tiga macam gaya jalan setapak yang umum dibuat di taman. Yang pertama adalah jalan setapak permanen dan dibangun dengan memanfaatkan bahan material solid, kuat, dan tidak bisa dipindahkan. Gaya yang kedua adalah stepping stone yaitu injakan dari batu-batu yang diatur dengan susunan tertentu tanpa memakai semen penguat sehingga bisa dipindah-pindahkan. Sedangkan gaya jalan setapak yang ketiga ialah hamparan kerikil-kerikil ukuran kecil. Sesuaikan gaya jalan setapak yang dipilih dengan gaya taman dan ruang yang tersedia.

Langkah 3 : Buat Layout Jalan Setapak

Layout adalah penataan elemen-elemen desain dengan metode tertentu agar menghasilkan desain yang indah. Perancangan layout berguna untuk memastikan kesesuaian hasil desain dengan keinginan. Sebagai contoh, jika anda ingin membuat jalan setapak yang terdiri dari bebatuan dan rerumputan maka anda bisa mulai memutuskan posisi peletakan batu-batu tersebut. Kemudian tentukan juga di mana rumput-rumput akan ditanam apakah di sepanjang pinggiran jalan, di sela-sela bebatuan, atau digabung bersama batu. Tandailah bentuk jalan setapak serta posisi penempatan batu dan rumput. Anda bisa memanfaatkan penanda dari tali, kerikil, garis, dan lain-lain.

Langkah 4 : Mulai Bangun Jalan Setapak Anda

Untuk membangun jalan setapak di taman, awalilah dengan membersihkan area pembangunan dari sampah dan batu-batuan. Kemudian gunakan cangkul dan sekop untuk meratakan permukaan tanah. Cek menggunakan waterpass untuk memastikan permukaan tanah sudah benar-benar rata. Di pipi lain, permukaan tanah yang bergelombang akan mengurangi kerapian jalan setapak dan membuatnya cepat rusak. Terakhir, pasang bahan-bahan material dengan susunan sesuai desain awal yang telah dibuat di kertas.