Desain
Mar28

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Memilih Gorden Rumah!

Bagaimana tips memilih gorden yang tepat untuk rumah tinggal? Fungsi gorden tidak hanya menghalangi masuknya terik matahari ke ruangan dan melindungi privasi penghuni rumah saja, tetapi gorden juga dapat digunakan untuk memperindah tampilan interior. Warna dan corak gorden di pasaran kini sangat beragam. Semua itu bisa diolah secantik mungkin dengan teknik pemasangan yang tepat.

tips-memilih-gorden-rumah.jpg

Ruang Tamu dengan Gorden

Di bawah ini panduan memilih gorden versi Arafuru!

1. Tentukan Model Pemasangan Gorden

Perlu diketahui, ada bermacam-macan model yang dapat diaplikasikan untuk memasang gorden di jendela sehingga tampak lebih indah. Dua yang paling populer adalah menggantung gorden dengan menutup tepat di bingkai jendela, atau menggantung gorden di langit-langit hingga menjuntai ke lantai. Teknik pertama biasanya diterapkan pada interior yang bernuansa modern dan minimalis. Sedangkan cara kedua bisa anda gunakan saat ingin menghadirkan suasana mewah dan anggun di dalam rumah.

2. Ukurlah Luas Gorden yang Diperlukan

Ukur seberapa luas area dinding yang akan ditutupi gorden dengan menyesuaikkannya terhadap poin pertama. Pastikan anda mengukur dengan angka yang tepat supaya lebih menghemat waktu. Tidak mau kan bolak-balik mengukur jendela? Jika anda merasa kesulitan dalam mendapatkan lebar jendela yang benar, gunakan benang yang diberi bandulan untuk membentuk garis lurus.

3. Buatlah Ukuran Gorden Lebih Panjang

Keindahan gorden interior rumah terletak pada lipatan-lipatan bahannya. Semakin banyak lipatan tersebut tersusun rapi, maka pesona gorden akan bertambah menarik. Oleh karena itu, saat hendak membeli kain gorden nanti, jangan lupa ya anda perlu menambahkan ukuran panjangnya hingga 2-3 kali lipat. Misalnya jika panjang jendela ke samping anda adalah 1 meter, maka gorden yang harus dibeli berukuran panjang 2-3 meter dengan lebar yang tepat.

4. Pilih Warna dan Corak Gorden

Pemilihan warna dan corak gorden sebaiknya disesuaikan dengan desain ruangan yang ingin diciptakan. Perpaduan warna dan motif tertentu akan menghasilkan suasana yang berbeda-beda pula. Sebagai contoh, ketika anda ingin menciptakan desain interior khas pantai, pilihlah gorden berwarna biru laut dan corak khas pemandangan pantai seperti pohon kelapa, kerang, ikan, kapal, dan lain-lain. Sementara jika anda ingin membuat interior khas pegunungan, pakailah gorden berwarna hijau dengan corak pepohonan, bunga, dan hewan-hewan.

5. Hindari Memakai Panel Jendela Berbahan Besi

Seperti kita tahu, sifat besi akan mudah berkarat apabila terkena air secara terus-menerus. Begitupun dengan material yang dipilih untuk panel jendela. Mengingat iklim di Indonesia bercurah hujan lebat, sebisa mungkin hindari menggunakan panel yang terbuat dari bahan besi. Kalaupun anda bersikeras karena terpincut pesona dan keawetan besi, lapisi dahulu panel tersebut memakai cat antikarat. Alternatif lain, pilihlah panel berbahan kuningan dan alumunium yang juga berdaya tahan lama.