Desain
May7

Konsep Desain Rumah Kontemporer

desain-rumah-kontemporer.jpg

Di dalam pembangunan rumah bergaya kontemporer, benda-benda khas tradisional hampir tidak digunakan sama sekali. Kunci utamanya adalah kreatifitas Anda untuk menciptakan rumah yang unik, modern, dan berbeda dengan yang lain. Bagaimana cara membuatnya?

Sebelum Pembangunan Desain

Jika Anda berniat membangun desain rumah baru, Anda bisa memanfaatkan semua teknologi saat ini untuk memunculkan kesan kontemporer. Pilih peralatan elektronik yang hemat energi dan ramah lingkungan, sehingga setidaknya Anda telah menghemat energi di rumah sampai 15 %. Pilihan arsitektur rumah ramah lingkungan lainnya adalah rumah yang memiliki banyak jendela, sehingga tidak perlu menambahkan AC lagi. Pastikan pembangun jaringan listrik juga disusun dengan benar.

Perancangan Interior Rumah

Kebanyakan rumah modern saat ini mengganti ruang tamu dan ruang makan dengan ruang serbaguna yang mendukung aktifitas keluarga di rumah. Sedangkan, posisi dapur biasanya diletakkan di belakangnya. Sementara itu, dekorasi ruang keluarga terdiri dari televisi, tempat bermain anak, dan meja komputer. Fungsi kamar tidur sebatas digunakan sebagai ruangan untuk tidur saja tidak lebih dari itu. Apabila keluarga lebih sering menghabiskan waktu di ruang serbaguna, maka bisa ditambahi dengan perlengkapan CCTV. Jika ukuran rumbai memungkinkan, jangan ragu untuk membangun kamar mandi lebih dari satu ruangan.

Proses Dekorasi Interior

Secara keseluruhan, tampilan desain kontemporer berupa garis bersih dan permukaan yang halus. Pada bagian lantai menggunakan lantai kayu, laminasi, atau marmer. Pemilihan karpet yang ideal untuk gaya kontemporer adalah karpet yang memiliki ketebalan yang tipis dan ringan. Begitu juga pada pemilihan lemari, sebisa mungkin lemari tampil sederhana dan apa adanya tanpa banyak ornamen ukir yang menghiasinya. Furnitur berbahan stainless steel juga bisa membangkitkan citarasa yang lebih modern. Begitupun pada tiang-tiang rumah, tampil polos dan sederhana. Sedangkan untuk hiasan dinding bisa dipilih lukisan dan ornamen yang bergaya abstrak.

Berikut ini ide-ide yang bisa dicoba untuk membangun rumah bergaya kontemporer :

  1. Pemilihan warna adalah warna yang berjenis netral atau berada di antara skala putih dan hitam. Permainan warna dilakukan sebagai aksen dinding, pembuatan fokus ruangan, maupun sebagai warna dominan. Fungsi penggunaan warna ini adalah untuk menciptakan keseimbangan suasana di dalamnya.
  2. Pemilihan furnitur adalah furnitur yang berpenampilan sederhana dan biasanya terbuat dari kayu. Warna yang digunakan sama seperti warna pada bagian dinding, hanya saja lebih sederhana dalam pengolahannya. Secara kasat mata, bentuk furnitur harus tegas dan jelas serta sering meniru bentuk khas alam. Untuk pemilihan lemari, pilih lemari yang memiliki laci berjumlah banyak guna menyembunyikan kesan ruangan yang dipenuhi oleh berbagai perabotan.
  3. Semua sudut rumah harus mempertahankan konsep kontemporer, termasuk pintu, jendela, lantai, dan lain-lain. Penambahan pintu utama yang terbuat dari besi sangat berguna sebagai pelindung pintu utama dari kayu. Karpet dan gorden membantu menghidupkan suasana dekorasi di dalam ruangan.
  4. Pencahayaan merupakan faktor penting dalam konsep desain ini. Cahaya mampu mempersatukan suasana interior rumah menjadi lebih harmonis. Adapun pencahayaan yang digunakan berupa lampu utama, lampu sudut, dan lampu dinding. Pastikan juga untuk memberikan cahaya yang lebih pada elemen yang menjadi fokus ruangan.

Gunakan ide-ide dasar di atas untuk mengolah desain kontemporer yang terbaik menurut versi Anda. Selalu konsisten dalam pemilihan jenis desain akan membantu Anda mendapatkan suasana rumah idaman yang menjadi impian Anda selama ini. Selamat mencoba.