Desain
Aug11

Kenali Ciri-ciri Desain Sofa Minimalis

desain-sofa-minimalis.jpg

Seiring dengan meningkatnya popularitas konsep minimalis, sofa bergaya minimalis juga makin disukai. Biasanya sofa seperti ini memiliki bentuk-bentuk yang unik karena berfungsi juga sebagai aksesoris ruangan. Salah satu ciri khas penataan sofa minimalis yang adalah jumlah sofa yang digunakan tidak perlu banyak. Hal ini dimaksudkan demi menjaga karakteristik dari sifat minimalis yang sederhana.

Berbicara mengenai sofa minimalis, sofa ini tentu memiliki karakteristik yang berbeda dengan sofa bergaya klasik maupun tradisional. Ciri-ciri ini meliputi bentuk, warna, bahan pembuat sofa, dan lain sebagainya. Dengan memilih sofa yang tepat, maka desain yang ingin diciptakan pun menjadi lebih mudah dibuat.

Demi mempermudah Anda memperoleh ide sofa minimalis, kami akan menjelaskan karakteristik sofa ini :

1. Bentuk Sofa

Yang paling penting dalam memilih sofa minimalis adalah berdasarkan bentuknya. Bentuk sofa minimalis umumnya bersifat modern dan sederhana. Lebar yang dimiliki oleh sofa ini cukup ramping dan seperlunya saja. Ini dimaksudkan agar ruang gerak/ruang kosong yang tercipta nantinya bisa semakin banyak. Malahan ada juga sofa yang berbentuk sangat futuristik dengan bentuk yang hampir tidak menyerupai sebuah sofa.

Sedangkan untuk bentuk-bentuk yang perlu dihindari adalah sofa yang bergaya tempo dulu alias tradisional. Sofa seperti ini sering dihiasi dengan ornamen-ornamen berupa ukiran. Dekorasi seperti ini tidak cocok dengan kesederhanaan sifat minimalis karena terlihat rumit.

2. Warna Sofa

Warna-warna campuran putih dan hitam merupakan warna favorit sofa minimalis. Warna seperti ini mampu membuatnya kelihatan modern di samping juga sebagai ciri khas minimalis. Anda bisa memadukannya dengan warna dinding agar didapat kombinasi warna ruangan yang menarik.

Sementara untuk pilihan warna lainnya adalah warna cerah dan pastel. Warna ini bisa digunakan untuk menjadikan sofa sebagai titik fokus ruangan. Cobalah warna hijau, oranye, kuning, atau biru menyala. Bisa juga dengan menggunakan sofa yang memiliki warna sendiri-sendiri.

3. Bahan Pembuat Sofa

Bahan pembuat sofa umumnya masih sama seperti konsep yang lainnya. Hanya saja, sofa berbahan kulit yang paling diminati. Kenapa? Hal ini tidak lain karena sifat kulit yang mengkilap sehingga mampu membuat tampilannya menjadi mewah. Dengan kata lain, ruangan menjadi tidak begitu terlihat sederhana.

Sedangkan untuk sofa ber-cover kain, Anda bisa memilih motif yang simple. Sebagai contoh, motif garis vertikal atau kotak-kotak. Usahakan motif yang dipilih terlihat berbeda dan unik. Dengan begini Anda bisa dengan mudah membuatnya sebagai hiasan.