Desain
May28

Jenis-jenis Desain Keramik Kamar Mandi

desain-keramik-kamar-mandi.jpg

Desain keramik kamar mandi bisa dikatakan bagus jika memiliki pola permukaan yang menarik, tahan air, serta aman dipijaki. Biasanya, untuk ruangan kamar mandi menggunakan ubin jenis keramik, lantai vinyl, ataupun lantai linoleum. Kelebihan menggunakan ubin jenis ini selain mudah dibersihkan, juga tahan terhadap air dan aman ketika dipijaki. Apabila Anda ingin menggunakan batu alam atau keramik terakota, pilih yang memiliki permukaan aman (tidak membuat terpeleset).

Setidaknya ada tujuh jenis keramik yang ada saat ini. Untuk menentukan mana desain keramik kamar mandi yang akan dipilih, ada baiknya Anda mengetahui karakteristiknya terlebih dahulu. Sebab setiap jenis keramik mempunyai sifat yang unik. Berikut ini jenis-jenis keramik yang dibedakan menurut material penyusunnya :

1. Ubin

Jenis lantai ubin memiliki warna, pola, dan tekstur yang unik. Beberapa di antaranya juga meniru benda-benda alam seperti kayu dan batu. Kelebihan memakai ubin adalah harganya tidak terlalu mahal, tahan air, mudah pemasangannya, mudah dibersihkan, serta tahan lama.

2. Keramik

Harga keramik sangat bervariasi. Ada yang cukup murah sampai yang berharga mahal. Keramik terbuat dari tanah liat dan serpihan porselen yang dibentuk sedemikian rupa lalu dibakar pada suhu yang sangat tinggi sampai mengeras. Semakin tinggi suhu yang digunakan, semakin bagus kualitas keramik yang dihasilkan. Jika Anda memilih keramik warna putih atau krem sebagai lantai kamar mandi, padukan lah dengan warna lain seperti biru untuk mendapatkan suasana yang lebih elegan. Pastikan saat memasang keramik, Anda memberikan lapisan semen untuk mengisi ruang antar keramik.

3. Batu (marmer, granit, batu alam, batu kapur, batu tulis)

Lantai kamar mandi yang menggunakan bebatuan akan terlihat lebih indah, sangat kuat, dan tahan lama meski dipijaki beberapa kali. Kelebihan lainnya adalah biaya perawatannya tergolong lebih rendah serta lebih mudah dibersihkan pula. Sayangnya lantai jenis ini berharga mahal dan terasa dingin di kaki. Selain itu, jika tidak hati-hati ketika berjalan di atasnya, Anda akan mudah tergelincir, sebab bebatuan sangat mudah menyerap noda kotoran.

4. Keramik Linoleum

Jenis keramik ini terbuat dari material yang sudah diperbarui dan lebih alami, seperti minyak biji rami, tanah liat, kapur, dan bubuk kayu. Keramik linoleum sering juga disebut sebagai jenis marmer baru yang mampu mempercantik desain rumah kelihatan lebih menarik. Keunggulan lantai linoleum yaitu lebih tahan lama dan mudah dibersihkan, jika dibandingkan dengan keramik vinyl.

5. Keramik Mosaic

Keramik jenis ini sangat indah dan bisa kita jumpai dalam desain bangunan kuno. Biasanya terdiri dari beberapa potongan keramik dalam berbagai bentuk dan corak warna yang unik. Oleh sebab itu, harganya juga cukup mahal dikarenakan visual desain terlihat lebih menarik.

6. Beton

Kelebihan menggunakan beton untuk lantai kamar mandi adalah tahan lama serta cocok untuk area basah. Saat ini, Anda bisa menemukan aneka lantai beton dalam berbagai pilihan yang indah seperti beton yang mengkilap, bertekstur, serta beton yang sudah diamplas.

7. Kayu Solid

Anda bisa membangun desain kamar mandi dengan mempergunakan kayu solid atau kayu buatan (dibuat dari lapisan kayu terbaik yang diolah menggunakan teknologi tinggi, mirip seperti kayu lapis) sebagai lantai dasarnya. Selain suasana kamar mandi akan terlihat lebih menarik, lantai ini pun memiliki permukaan yang tidak terlalu dingin. Sayangnya, lantai kayu sangat rentan terkena air.

  • SHARE!

Related Posts