Desain
Nov20

Inspirasi Menakjubkan dari Desain Rumah di Skandinavia

Desain rumah di Skandinavia terlihat berbeda dari daerah-daerah lain di kawasan Eropa. Gaya arsitektur yang pertamakali muncul adalah Norse yang didominasi oleh penggunaan elemen kayu dan rumput. Selanjutnya, sekitar awal abad kesembilan belas, negara Swedia mengembangkan gaya khas rumah tersendiri yang dikenal dengan nama Jugenstil. Setelah itu, model arsitektur ini terus mengalami perkembangan sampai pada gaya Bauhaus, di mana konsep rumahnya mendapat sentuhan Jerman dan diperkenalkan oleh Gunnar Asplund. Ciri khas dari konsep rumah ini adalah sentuhan modernnya mendominasi seluruh sudut rumah dan lebih mengutamakan fungsionalitas desain.

Saat ini, pesona arsitektur Skandinavia telah banyak menjadi sumber inspirasi bangunan-bangunan di Eropa dan Amerika Utara. Uniknya, gaya khas Skandinavia ini justru banyak disebarluaskan oleh arsitek asal Denmark. Termasuk salah satunya yang terkenal ada pada bangunan di Sydney yaitu Opera House.

Eksterior

desain-rumah-skandinavia.jpg

Pada bagian depan rumah di Norwegia sekilas terlihat mirip seperti hunian di Inggris. Pengaruh lingkungan sekitar yang bersih dan indah memberikan tampilan eksterior yang sederhana tapi memukau. Jarang sekali terlihat elemen dekorasi bernuansa mewah yang melengkapi lingkungan luar ini. Kalaupun ada, biasanya hanya sebagai pemanis jalan menuju pintu rumah. Kombinasi warna merah terang, kuning, dan putih kecoklatan sering dipilih untuk menghiasi dinding eksterior, terutama pada rumah yang berlokasi di daerah pantai.

Interior

desain-interior-rumah-skandinavia.jpg

Untuk menghadirkan suasana ala Skandinavia yang khas, jagalah komposisi warna yang hendak diaplikasikan pada lingkungan interior rumah. Terlalu banyak penggunaan partisi ruangan merupakan musuh utama pada interior dari Skandinavia ini. Anda bisa menghadirkan satu focal point untuk suatu ruangan, misalnya tungku perapian, tahap tampilan ruangan terlihat lebih menarik. Selanjutnya, pasang lantai kayu dengan tambahan karpet manis di atasnya. Jika anda ingin menggantung foto atau lukisan, bingkailah karya seni tersebut dengan frame yang tampak sederhana dan elegan.

Putih, Putih, dan Putih

desain-rumah-skandinavia-putih.jpg

Sebagian besar orang mengasosiasikan gaya Skandinavia dengan dominasi warna putih. Meskipun ada banyak warna lain yang terlihat lebih menarik, namun tampilan klasik khas Skandinavia hanya bisa dihadirkan dengan mendominasi interior dengan warna ini. Seperti pada bagian eksterior, cat putih pun nampak sempurna dan anggun untuk pemanis interior. Lantai putih, dinding dan langit-langit yang juga putih, serta tirai berwarna putih akan tampak saling melengkapi.

Ruang Makan

desain-ruang-makan-skandinavia.jpg

Seperti pada bagian interior lainnya, ruang makan bergaya Skandinavia juga berkonsep sederhana dan elegan. Anda dapat menghadirkan sebuah meja kayu polos dan kursi-kursi yang bisa ditumpuk saat tidak digunakan. Jangan takut untuk menerapkan warna cerah sebagai aksen dinding ruang makan.

Jendela Atas

desain-jendela-rumah-skandinavia.jpg

Mengingat negara-negara Skandinavia berada di dekat Kutub Utara, aspek cahaya banyak memberikan aroma modern pada interior rumah. Pada umumnya, masyarakat asli negara ini sering mengalami kesulitan mendapatkan sinar matahari di musim dingin. Untuk mengakalinya, jendela pun dibuat di ketinggian guna memaksimalkan cahaya yang bisa ditangkap. Tujuan yang sama juga berlaku saat pembangunan jendela dilakukan di sisi rumah bagian selatan.