Desain
Jul12

8 Tips Mudah Menata Desain Tempat Tidur Bayi

desain-tempat-tidur-bayi.jpg

Ada banyak cara yang bisa kita perbuat sebagai bentuk ungkapan bahagia atas lahirnya sang buah hati. Salah satunya adalah dengan menyediakan tempat tidur yang nyaman baginya. Sebuah tempat tidur di mana Anda dan bayi Anda bisa menikmati hari-hari bagia bersama.

Untuk membantu Anda dalam menciptakan suasana tempat tidur yang menarik, hangat, dan menyenangkan, berikut ini kami sudah menyiapkan tips-tipsnya :

1. Memilih Warna Tempat Tidur Bayi

Sudah bukan zamannya lagi menghias tempat tidur bayi hanya dengan warna biru, merah muda, dan kuning. Cobalah permainan baru yang lebih kreatif dengan mengkombinasikan beberapa warna agar didapat suasana yang ideal. Sementara itu untuk memperindah bagian dinding, jangan lupa menghiasinya dengan aneka dekorasi menarik seperti lukisan, jam dinding, dan sebagainya.

2. Tidak Perlu Terlalu Berseni

Jangan mempersulit diri Anda dengan menerapkan teknik desain yang rumit untuk tempat tidur si bayi. Ada banyak cara sederhana agar ruangan tersebut tetap tampil menarik. Sebagai contoh, Anda bisa menambahkan furnitur khas bayi. Saat ini tersedia berbagai bentuk furnitur fresh dengan desain yang lucu dan imut. Toh, si kecil juga belum mengerti seberapa menarikkah desain di kamarnya.

3. Terapkan Gaya Netral Terlebih Dahulu

Biasanya tempat tidur bayi disediakan sebelum bayi tersebut lahir. Jika Anda belum mengetahui jenis kelamin calon bayi Anda, sebaiknya gunakan gaya kamar tidur netral terlebih dahulu. Pilih warna cat netral selain pink dan biru, contohya hijau, kuning, dan cokelat krem. Setelah bayi tersebut lahir, Anda bisa menambahkan berbagai pernak-pernik sesuai jenis kelaminnya. Adapun untuk contoh aksesori yang bisa Anda mainkan antara lain tirai, karpet, selimut, bantal, mainan, dan lain-lain.

4. Hindari Meletakkan Terlalu Banyak Furnitur

Jika kamar bayi berukuran kecil, Anda tidak perlu menambahkan terlalu banyak furnitur di sini. Adapun untuk furnitur yang wajib ada di kamar bayi yaitu tempat tidur bayi, lemari, dan kursi sebagai tempat duduk Anda ketika meninabobokan bayi. Bentuk lemari yang sesuai kamar bayi adalah lemari yang memiliki banyak laci. Jika ada ruang yang tersisa, Anda bisa menambahkan rak buku atau tempat mainan di sana. Namun jika ruangan sudah terisi penuh, Anda bisa menyimpan buku dan mainan di dalam lemari agar tidak berantakan.

5. Memasang Wallpaper Dinding

Masih ingat dengan saran kami untuk tidak mencoba teknik mendesain dinding yang rumit? Anda bisa mengganti teknik ini dengan memasang wallpaper dinding. Saat ini, wallpaper dinding tersedia dalam berbagai motif yang menarik, termasuk bentuk hewan yang lucu, kereta mini, tokoh kartun, bunga, taman bermain, dan sebagainya. Pemasangan wallpaper dinding di kamar bayi akan menambah nilai keindahannya.

6. Jangan Berlebihan dalam Membeli Perlengkapan Bayi

Meskipun Anda tidak akan pernah merasa puas saat menata tempat tidur bayi Anda, jangan sampai hal ini membuat Anda lapar mata dan membeli semua barang yang terlihat bagus untuk bayi. Keuangan Anda masa depannya pun perlu dipersiapkan sedini mungkin. Adapun salah satu cara untuk berhemat saat mendesain ruangan ini adalah dengan menggunakan lemari bekas milik Anda ketimbang membeli yang baru, mengingat harga lemari ini yang nantinya paling mahal untuk furnitur kamar bayi. Tampilan lemari bisa Anda percantik dengan mengecat ulang menggunakan warna yang lebih fresh.

7. Sesuatu yang Lembut

Ketika membangun ruangan yang aman untuk bayi, maka sudah pasti benda-benda yang lembut adalah pilihan utamanya. Apabila ruangan tersebut berlantai keramik yang keras dan ingin, jangan lupa tambahkan karpet lembut dengan motif lucu di atasnya. Di sini, Anda bisa menemaninya berbaring dan berguling-guling bersamanya. Tambahkan juga bantal lantai yang bisa Anda gunakan untuk duduk-duduk. Selain itu, berhati-hati dengan sudut furnitur yang tajam. Pastikan di sana aman dengan menutupnya menggunakan kain yang lembut.

8. Hiasi dengan Foto Keluarga

Ingatkan bayi Anda pada orang-orang yang mencintainya melalui penambahan foto keluarga di tempat tidurnya. Foto-foto ini akan menjaga ingatan si kecil pada semua kerabatnya. Susun foto semenarik mungkin yang berisi foto ayah bundanya, bibinya, pamannya, kakek neneknya, serta kerabat lain yang seusia dengan dia. Kebanyakan bayi suka melihat bayi lainnya, sehingga bisa jadi koleksi foto ini akan menjadi mainan favoritnya.