Inspirasi Desain Rumah Etnik Jawa Modern

Dari segi desain, rumah etnik jawa (joglo) memiliki tampilan sangat elegan dan unik. Sayangnya kesan tradisional yang dimiliki oleh rumah ini sangat kuat, sehingga sekilas tampak kuno. Sebenarnya ada langkah jitu untuk membuat rumah ini terlihat futuristik, yaitu memadukannya dengan konsep modern. Bagaimana caranya?

1. Pertahankan Karakteristik Rumah Joglo

Mengingat karakteristiknya sangat kuat, anda perlu mempertahankan unsur-unsur pembangun rumah joglo karena inilah yang menjadikannya unik dan berbeda. Pada bagian eksterior, buatlah bentuk rumah menyerupai piramida dengan halaman luas di sekelilingnya. Pastikan rumah dilengkapi teras yang menjadi tempat berkumpul dan bersenda gurau. Sedangkan untuk bagian interiornya, anda dapat menelusuri di artikel ini.

2. Ruangan yang Luas

Salah satu aspek yang cukup menonjol dari rumah khas jawa adalah interiornya yang berukuran luas tanpa banyak partisi, hampir mirip dengan desain minimalis. Pada bagian tengah bangunan, terdapat tiang utama berukuran besar sebagai penyangga rumah. Sementara itu, pemilihan lantainya bersifat fleksibel, bisa menggunakan lantai keramik maupun semen. Bahkan, lantai kayu sangat sesuai dengan konsep ini sebab nampak alami sekaligus modern. Salah satu kebiasaan masyarakat jawa yang bisa ditiru adalah selalu membuka pintu utama di siang hari sehingga ruangan terasa lebih sejuk.

3. Sentuhan dari Modernitas

Langkah termudah untuk menghadirkan kesan modern di rumah etik jawa adalah dengan menambahkan perabotan bergaya modern, contohnya sofa dan meja akrilik. Pilih sofa yang memadukan kayu dan busa sehingga sentuhan ala jawa modern terasa semakin kuat. Sedangkan, pilihan warna sofa yang sesuai terletak pada skala cokelat dan putih. Hampir semua furnitur yang biasa digunakan untuk rumah minimalis juga cocok untuk rumah bergaya jawa modern ini.

4. Ukiran dan Ornamen

Kemungkinan besar anda akan mengalami kebingungan, perlukah menambahkan ukiran? Di satu sisi rumah jawa tidak bisa dilepaskan dari ukiran, namun di sisi lain konsep modern sangat melarang keberadaan bentuk-bentuk yang rumit. Solusinya, anda bisa mengurangi jumlah ornamen ukiran tersebut serta mengganti bahan kayu dengan bahan lain yang lebih modern. Bisa juga dengan menambahkan ornamen yang sederhana, namun kesan alaminya sangat kuat.

5. Pemilihan Warna dan Pencahayaan

Warna-warna yang sesuai untuk rumah jawa adalah warna netral dan cokelat. Jenis warna ini mampu menyatu bersama alam dengan baik. Sedangkan pencahayaan untuk interior yang luas, anda bisa memanfaatkan lampu gantung berbahan kristal yang terlihat modern.