Desain
Jun12

Inspirasi Desain Ruang Keluarga Kecil

Sponsored Links

desain-ruang-keluarga-kecil.jpg

Ini merupakan tips desain ruang keluarga kecil agar nyaman. Beberapa cara yang umum digunakan untuk membuat ruang keluarga terasa lebih luas adalah dengan meminimalkan penggunaan furnitur, menempatkan sofa berwarna biru, memasang beberapa rak dinding, meletakkan kursi kayu, dan menempatkan sebuah televisi. Hasilnya? Ruangan memang terasa lebih luas, tetapi kenyamanan yang dimiliki oleh ruang tersebut menjadi berkurang. Terlebih jika ditambah dengan adanya pintu masuk, ruang keluarga bukan lagi menjadi ruangan ternyaman di rumah.

Lalu bagaimana cara yang benar dalam menata ruang keluarga ukuran kecil? Tipsnya adalah membuat ruangan ini lebih terbuka dan memiliki suasana yang nyaman tanpa membuatnya sesak karena adanya perabotan rumah. Berikut ini panduan tips lengkapnya :

1. Hiasi Ruangan dengan Paduan Warna Netral

Ruangan yang berukuran kecil akan terasa lebih luas manakala menggunakan warna netral untuk warna utama ruangan. Hal ini dikarenakan, warna netral mampu menciptakan kesan alami sehingga bisa menghasilkan ruang bayangan. Sebagai paduannya, gunakan warna merah sebagai harmonisasi untuk menciptakan perasaan hangat. Kaca tipis berukuran panjang juga bisa digunakan untuk membantu menghilangkan kesan tertutup akibat adanya dinding. Dengan tips pertama ini, ruang keluarga Anda akan terasa semakin lebih luas.

2. Jangan Berlebihan dalam Menggunakan Motif dan Corak

Tips utama dalam pemilihan motif dan corak dari benda hiasan untuk sebuah ruangan ukuran kecil adalah jangan terlalu beranekaragam. Sebagai contoh, dalam menggunakan bantal hias sebaiknya memiliki corak yang senada dengan gorden. Sementara itu, penempatan dominasi corak yang bagus dan kami sarankan adalah dengan memasang wallpaper dinding. Dengan motif wallpaper yang bagus ini, ruangan Anda menjadi lebih cantik tanpa membuatnya terlalu ramai Pilihan yang lainnya adalah bebaskan desain ruang keluarga Anda dari penggunaan corak dan motif.

3. Pertegas Ruangan

Di rumah yang mempunyai pintu utama yang sejajar dengan ruang keluarga, sangat penting untuk mempertegas batasan-batasan ruang keluarga. Sehingga dengan cara ini, ruang keluarga tidak terasa seperti ruang tamu. Adapun salah satu tipsnya adalah dengan meletakkan kursi sofa sebagai partisi antara ruang keluarga dan ruang tamu.

4. Furnitur Built-in

Menambahkan beberapa furnitur build-in akan membuat ruangan tampak berbeda dan lebih unik. Sebagai contoh, Anda bisa menempatkan tempat penyimpanan yang didesain oleh tangan Anda sendiri. Sehingga ukuran tinggi dan lebarnya bisa disesuaikan dengan ukuran ruangan yang Anda miliki. Jadi ketika Anda masuk di dalamnya, ruang keluarga akan terlihat rapi dengan tambahan hiasan-hiasan yang unik.

Itulah beberapa poin penting yang bisa digunakan dalam mendesain ruang keluarga. Yang perlu diingat adalah sebagus apapun desain yang Anda miliki, faktor kenyamanan ruangan merupakan nomor satu yang harus dipenuhi. Dan ukuran besar kecil ruangan tidak mempengaruhi berapa besar kenyamanan yang didapat. Cukup menyesuaikan antara ukuran ruangan, ukuran furnitur, dan ukuran ruang gerak yang harus dimiliki. Selamat berkreasi.

Tags: ruang keluarga

Sponsored Links

Rate this article!

  • SHARE!

Related Posts

Leave a Reply