Desain
Oct1

Inspirasi Desain Interior dengan Dinding Batu Bata

Dinding batu bata tanpa plester bisa menjadi salah satu pilihan mudah jika anda menginginkan interior terlihat unik. Tampilan dinding yang apa adanya ini membuat suasana interior menjadi lebih akrab. Pun dinding ini bisa dipadukan bersama konsep tradisional maupun modern. Hanya saja butuh perawatan yang lebih agar pesona dinding tetap terjaga.

dinding-batu-bata.jpg

Dinding batu bata biasanya lebih banyak ditampilkan di area dapur. Pada gambar di atas, dinding mampu bertindak sebagai background memasak yang cantik sekaligus menjadi focal point ruangan. Dengan pengolahan yang tepat, dinding pun bisa tampil lebih modern. Penambahan lampu dinding bercahaya kuning membuatnya terlihat elegan. Indah sekali kan?

desain-dinding-batu-bata.jpg

Selain area dapur, dinding batu bata juga sering diaplikasikan pada ruang tamu. Biasanya gaya yang ditimbulkan oleh dinding jenis ini adalah klasik. Perhatikan gambar di atas. Tirai yang menjuntai ke bawah terlihat sangat indah dikombinasikan dengan lampu kristal membuat ruangan ini terasa mewah sekali. Pun langit-langit berwarna putih juga berperan penting dalam menciptakan suasana ruangan yang terasa megah. Tertarik mencobanya di rumah anda?

contoh-dinding-batu-bata.jpg

Jika kualitas tidur anda sangat rendah, anda bisa mencoba menerapkan dinding batu bata ini di kamar tidur. Pada salah satu sisi dinding kamar, biasanya bagian headboard, biarkan dinding tampil polos. Sedangkan ketiga sisi dinding lainnya diolah sedemikian rupa untuk menciptakan desain yang membuat anda nyaman. Pada contoh di atas, kamar dihiasi dengan warna putih kebiru-biruan sehingga terasa tenang. Bisa juga menambahkan dekorasi-dekorasi tradisional agar lebih terasa aroma pedesaannya. Damai sekali!

gambar-dinding-batu-bata.jpg

Nuansa ala pedesaan juga bisa anda ciptakan pada area ruang makan. Di ruangan ini tempatnya keluarga berkumpul, jadi suasananya pun harus lebih akrab. Terlihat pada gambar di atas, kesan dinding terasa lebih kuat dengan adanya furniture berbahan kayu. Selanjutnya, anda bisa menghiasi dinding dengan aneka aksesoris seperti lukisan, benda-benda koleksi, perabotan logam, dan lain-lain. Pastinya, suasana seperti ini membuat aktifitas makan bersama jadi lebih menyenangkan.

inspirasi-dinding-batu-bata.jpg

Sebenarnya, kurang baik membiarkan dinding kamar mandi tanpa plester. Pasalnya, air yang terus menggenang dikhawatirkan akan merusak batu bata dan membuatnya rapuh/gembur. Tapi jika anda ingin menghadirkan dinding ini agar kamar mandi tampak alami, anda bisa mengakalinya dengan membiarkan dinding bagian atas saja yang tetap terbuka. Hasilnya, kamar mandi terlihat semakin menarik.

Untuk bagian eksterior rumah, kami tidak menyarankan anda membiarkan dinding di bagian tersebut tetap terbuka. Pasalnya, terik matahari dan curah hujan di Indonesia tergolong tinggi. Dinding dengan plester saja sangat berisiko cepat rusak, apalagi dinding tanpa plester yang melindunginya. Jadi, pertimbangkan kembali jika anda ingin memainkan tampilan dinding batu bata ini untuk eksterior rumah ya.