Desain
Sep10

Ini Kiat-kiat Membuat Desain Tangga Rumah

kiat-membuat-tangga-rumah.jpg

Membuat tangga rumah memang harus memperhatikan berbagai aspek pembentuknya. Antara keamanan, kenyamanan, dan keindahan harus terpadu harmonis agar melahirkan tangga yang sempurna.

Kali ini, kami akan membagikan kiat membangun tangga untuk anda :

1. Tangga dengan Handrail Tertutup

Faktor pertama yang wajib diperhatikan dalam setiap pembuatan tangga adalah keamanannya. Faktor ini akan semakin penting manakala di rumah anda terdapat anak-anak dan orang tua. Salah satu cara untuk menciptakan tangga yang aman adalah melengkapinya dengan pegangan tangan. Kami lebih merekomendasikan pegangan tangan yang tertutup sampai ke anak tangga, sehingga seseorang tidak akan jatuh dari kedua sisi tangga tersebut.

2. Sesuaikan Bentuk dengan Konsep Rumah

Bentuk tangga rumah sangat mempengaruhi penampilan yang akan dimilikinya. Sebagai contoh, tangga yang berbentuk spiral akan terlihat begitu indah dan cocok untuk rumah yang elegan. Begitu juga dengan tangga dengan cabang di tengah-tengahnya, tangga ini akan sangat tepat jika dibangun di rumah bergaya klasik. Untuk referensi berbagai bentuk tangga, silahkan klik http://arafuru.com/lifestyle/ini-macam-macam-desain-tangga-rumah.html

3. Tinggi dan Lebar Anak Tangga

Ketinggian yang ideal untuk setiap anak tangga adalah 20-25 cm. Jika anda membangunnya terlalu tinggi, langkah kaki anda akan cepat lelah saat menaiki tangga tersebut. Begitu juga ketika turun, tangga menjadi sangat berbahaya karena curam.

Sementara itu, maksimal lebar anak tangga adalah 25 cm. Ukuran ini memungkinkan kaki mampu menapaki anak-anak tangga dengan nyaman.

4. Sesuaikan dengan Lantai

Pemilihan material bahan yang digunakan untuk membungkus tangga harus disesuaikan dengan jenis lantai di sekitarnya. Misalnya, ketika anda memakai lantai kayu untuk interior rumah, usahakan tangga juga dibuat dari bahan lantai kayu. Sebagai tambahan agar tangga terlihat semakin cantik dan tetap aman, tutupilah tangga dengan karpet agar tidak terlalu licin.

5. Warna Tangga Sebagai Penghubung Suasana

Warna tangga juga berpengaruh besar terhadap tampilan tangga secara keseluruhan. Mengingat, tangga berfungsi sebagai penghubung antara lantai bawah dengan lantai di atasnya. Pastikan anda memilih warna yang mampu menyatukan desain secara harmonisas. Bila anda ingin bermain aman, cukup gunakan saja jenis-jenis warna netral seperti putih, hitam, abu-abu, dan cokelat.