Desain
Oct17

Ini 8 Tema Desain Kamar Tidur Anak yang Paling Digemari

Berencana mengolah desain kamar tidur anak hari ini? Buah hati anda pasti sangat antusias mendengar ajakan anda ya. Biasanya, mereka akan langsung berimajinasi membayangkan ini dan itu.

Sebagai orangtua, tentu anda ingin kehadiran kamar tidur mampu menimbulkan efek positif bagi pertumbuhan anak. Kamar tidur yang tidak hanya tampak indah dengan tema yang menarik saja, namun tema yang diterapkan bisa menstimulasi otak si buah hati.

Berikut ini beberapa pilihan tema yang bisa anda pertimbangkan :

1. Tokoh Kartun

tema-kamar-tidur-anak.jpg

Sebagian besar anak menginginkan kamar tidurnya tampak seperti di film kartun favoritnya. Mereka juga sangat tertarik jika bisa tidur bersama gambar tokoh idolanya. Spiderman, Power Rangers, Batman, Superman, dan Ultraman merupakan tokoh kartun kesukaan anak laki-laki. Sementara untuk anak perempuan, mereka lebih menyukai Barbie, Hello kitty, Tinker Bell, Snow White, Masha, Dora, dan Cinderella. Menariknya, karakter kartun binatang seperti Ice Age, Winnie The Pooh, Sponge Bob, Doraemon, dan Nemo bisa diaplikasikan baik untuk anak cowok maupun cewek.

2. Pemandangan Hutan

Setiap manusia cenderung merasa lebih nyaman jika berada di lingkungan yang terbuka, begitupun anak anda. Tema pemandangan hutan ini bisa anda pakai untuk menghadirkan kenyamanan di kamar tidur sekaligus melatih anak untuk mencintai lingkungan sekitarnya. Pepohonan, aneka binatang, dan bebatuan bisa menjadi unsur-unsur pembentuk tema ini. Selain menampilkannya dalam bentuk wallpaper dan motif, unsur-unsur tersebut juga bisa dihadirkan dalam wujud aslinya, dengan catatan anda harus tetap memperhatikan keamanan si kecil.

3. Pemandangan Laut

Selain pemandangan hutan, tema ruangan yang juga pas diaplikasikan pada kamar tidur anak ialah panorama laut. Bayangkan birunya laut dan bersihnya langit di daerah pantai akan terhampar di kamar anak anda. Kelebihannya, tema ini akan menstimulasi anak untuk senang bergerak bebas dan berani menghadapi tantangan.

4. Olahraga

Sepakbola, tenis, bola basket, bola voli, bulutangkis, dan atletik bisa menjadi inspirasi kamar anak yang menarik. Tema olahraga ini akan mengantarkan anak untuk lebih mencintai kegiatan berolahraga dan pola hidup yang sehat. Agar suasananya terasa semakin nyata, anda bisa menambahkan alat-alat pendukung olahraga tersebut seperti bola, raket, dan jersey sebagai hiasan ruangan.

5. Otomotif

Semua anak laki-laki suka bermain mobil-mobilan. Maka jangan heran jika tema ini mungkin menjadi permintaan pertama buah hati anda. Tema otomotif bisa dihadirkan dengan mengolah tampilan kamar tidur menyerupai sirkuit balap atau area bengkel. Jangan lupa untuk menambahkan ranjang berbentuk mobil-mobilan agar anak senang dengan kamarnya.

6. Bunga

Kebalikan dari tema sebelumnya, bunga adalah tema favorit bagi semua anak perempuan. Karakter bunga yang cantik, harum, dan berwarna-warni sangat identik dengan sifat kaum hawa. Cobalah bentangkan motif bunga-bunga ini ke seluruh kamar tidur, termasuk sprei dan selimut. Tambahkan pula cat dinding berwarna pastel dan sebuah vas berisi bunga yang cantik sebagai pemanis ruangan.

7. Kebudayaan

Bagi anda yang suka travelling, pasti menemukan berbagai cenderamata menarik dari berbagai daerah kan? Daripada disimpan saja, mending gunakan oleh-oleh tersebut untuk mendekorasi kamar anak. Langkah ini akan menciptakan kamar tidur yang bernilai seni tinggi dan tampak begitu unik. Anak-anak yang melihatnya pun akan merasa penasaran dan mencari tahu asal-usul aksesoris ini.

8. Galeri

Ingin menguji kreativitas anak dalam memainkan imajinasinya? Kamar tidur merupakan kanvas yang paling tepat. Salah satu caranya adalah biarkan anak membuat lukisan-lukisan dari hasil imajinasinya. Setelah itu, berikan bingkai yang indah pada lukisan tersebut agar menjadi pajangan yang menarik. Sementara itu, jika anak anda senang membuat prakarya berbentuk tiga dimensi, anda dapat menaruhnya di rak-rak gantung bertingkat. Dengan begini, anak anda akan merasa lebih puas melihat karyanya ternyata bisa terlihat sangat mempesona.