Desain
Jan17

Ide-ide Menghias Kolam Ikan Biar Cantik

Salah satu langkah untuk menghidupkan suasana di lingkungan rumah adalah dengan menghadirkan kolam ikan. Kolam yang ditinggali ikan cantik berwarna-warni ini tentu terlihat sangat segar berpadu dengan bagian taman eksterior. Nah, supaya kolam tersebut jauh dari kesan membosankan, tentu anda mesti menghiasinya dengan aksesoris-aksesoris menarik bukan? Ide-ide Arafuru berikut semoga menginspirasi anda.

1. Tanaman Bunga

tips-menghias-kolam-ikan.jpg

Tanaman bunga merupakan aksen paling ideal untuk mempermanis pesona suatu ornamen, tak terkecuali pada kolam ikan. Selain bunga-bunga yang dipelihara secara berjejeran di tepian kolam, yang tak kalah menariknya adalah menambahkan tanaman air berbunga seperti teratai dan lotus. Keindahan pesona warna-warni bunga ini akan semerbak ke seluruh sudut kolam. Daunnya yang lebar juga dapat menjadi peneduh bagi ikan-ikan dari sengatan terik matahari. Sementara akar-akarnya yang rimbun sering menjadi tempat perkembangbiakan plankton yang merupaka pakan alami ikan.

2. Bebatuan Alam

cara-menghias-kolam-ikan.jpg

Batu-batu alam memang sangat indah ketika ditempelkan di pelataran, baik untuk memperkokoh struktur kolam maupun sebagai penghadir nuansa alami. Pada bagian dasar kolam, anda bisa memanfaatkan batu kali sebagai pelindung sehingga pertumbuhan lumut di kolam bisa melambat. Sedangkan pada area dinding di sekitar kolam, cobalah merekatkan batu candi atau batu palimanan sehingga kesan naturalnya kian terasa. Sah-sah saja memoles batu alam tersebut agar lebih menarik, namun hindari menggunakan produk berbahan kimia karena ikan merupakan binatang yang sensitif terhadap lingkungannya.

3. Rerumputan

ide-menghias-kolam-ikan.jpg

Kombinasi antara tanaman bunga dan kolam ikan memang terlihat begitu cantik. Namun, tanaman-tanaman berbunga ini membutuhkan perawatan yang lebih rumit. Jika anda tidak punya banyak waktu mengurusi tanaman-tanaman ini, sebagai gantinya cobalah pelihara berbagai rerumputan hias seperti rumput jepang, rumput peking, rumput manila, atau rumput gajah mini. Penambahan tanaman berdaun lebat juga sangat direkomendasikan untuk memperkaya tekstur taman dan kolam.