Desain
Aug15

Ide-ide Membangun Desain Rumah Gaya Spanyol

Secara umum, desain rumah gaya spanyol menampilkan kearifan budaya yang cukup berbeda dibandingkan dengan Indonesia. Jika budaya kita menyukai warna cokelat, masyarakat Spanyol justru kental dengan nuansa merah yang dipadu dengan warna-warna cerah. Sama seperti desain arsitektur negara-negara di Eropa, gaya Spanyol juga banyak menggunakan lilin sebagai penerang ruangan.

Dinding

desain-rumah-gaya-spanyol.jpg

Mulailah dari bagian dinding. Sebagai background, dinding berfungsi untuk membentuk suasana ruangan dan memadukan elemen-elemen di dalamnya. Dinding sangat berpengaruh terhadap keberhasilan penciptaan desain ruangan. Jadi, untuk menciptakan gaya Spanyol, anda bisa menghias dinding tersebut memakai warna khas pedesaan dan tanah.

Untuk mewujudkan hal ini, anda dapat memainkan tekstur dekorasi menggunakan warna krem, kuning pucat, oranye muda, dan merah pekat. Warna alami dinding, abu-abu, juga sangat khas dengan suasana rumah di Spanyol.

Lantai

tips-desain-rumah-gaya-spanyol.jpg

Ada berbagai pilihan bahan lantai yang cocok untuk rumah khas Spanyol di antaranya keramik, ubin terakota, kayu, dan batu. Untuk lantai ubin dan batu, bahan lantai ini membutuhkan perawatan yang lebih rutin agar kebersihan dan pesonanya dapat dipertahankan.

Sama seperti gaya interior lainnya, penggunaan karpet pun banyak dilakukan oleh masyarakat Spanyol untuk mempercantik tampilan lantai. Tidak ada spesifikasi khusus tentang motif karpet yang sebaiknya dipilih, yang penting karpet tersebut berwarna cerah agar tampak serasi dengan warna dinding yang netral.

Furnitur

dekorasi-rumah-gaya-spanyol.jpg

Berbicara mengenai furnitur ala Spanyol, pastilah desain furnitur yang bergaya santai dan hangat menjadi pilihan utamanya. Untuk menambahkan gaya Mediterania pada furnitur tersebut, gunakan bahan kayu dengan warna cokelat gelap.

Sementara itu, meja setidaknya mengandung ukiran khas Spanyol dengan nuansa biru hijau sebagai warna dominan. Uniknya, bentuk sofa yang digemari adalah simbol hati (love) yang dilapisi dengan bahan kulit.

Aksesoris

konsep-rumah-gaya-spanyol.jpg

Aksesoris berupa lilin, tempat lilin, dan segala sesuatu yang dibuat dari besi tempa akan membawa kekhasan Spanyol yang hangat. Elemen penghias yang erat lainnya adalah lukisan aliran romantisme dan pemandangan suasana alam di Spanyol.

Tak hanya itu, aneka tembikar dan hiasan berbahan kain sutera juga menjadi ciri khas konsep ini. Sebagai sentuhan terakhir, anda dapat menghadirkan buah-buahan dan sayur-mayur yang disusun sedemikian rupa sebagai aksen rumah.