Desain
Apr27

Ide-ide Konsep Desain Rumah Masa Kini

Apakah anda sedang mencari ide-ide konsep desain rumah masa kini? Sebagian besar pemilik rumah menginginkan huniannya tidak hanya nyaman ditempati, namun juga terlihat indah. Oleh karena itu, wajib hukumnya bagi anda untuk membangun rumah dengan mengusung desain tertentu. Sebaiknya, pengusungan desain rumah ini tetap memperhatikan aspek kebiasaan, gaya hidup, dan kepedulian lingkungan seluruh penghuni rumah di samping gaya yang sedang tren.

desain-rumah-masa-kini.jpg

Rumah Masa Kini

Desain rumah masa kini bisa menjadi salah satu pertimbangan terbaik bagi anda agar penampilan hunian tetap terlihat menarik dan tidak ketinggalan zaman. Pada dasarnya, desain ini dibangun dengan menerapkan ide-ide baru, baik dari segi arsitektur dan interior maupun lanskapnya. Kemudian, konsep tersebut disesuaikan sedemikian rupa dengan kecenderungan selera dekorasi anda sekeluarga agar rumah terasa nyaman.

Kombinasi Desain Modern dan Tradisional

Desain rumah bukan sebatas membuat bentuk fisik bangunan yang menarik saja, melainkan juga mengupayakan agar bangunan tersebut mampu mencerminkan karakteristik dari masing-masing pemilik rumah. Seperti kita tahu, setiap suku di Indonesia mempunyai konsep rumah yang khas dari adat istiadatnya. Anda bisa menampilkan keindahan rumah dari perpaduan desain modern dan tradisional khas kebudayaan anda tanpa harus terbelenggu oleh tren yang sedang booming. Dengan memperhatikan aspek kebudayaan dalam pembagian fungsi ruang dan mengkombinasikannya bersama konsep rumah minimalis, maka tempat tinggal bernuansa sederhana, ringan, unik, dan nyaman pun bisa didapatkan.

Penerapan Cat Polos dan Bata Ekspos

Saat ini, rumah yang dihiasi cat berwarna-warni kurang begitu diminati karena dianggap ketinggalan zaman. Sebagai gantinya, rumah bercat warna polos mampu menampilkan kesan elegan dan kekinian. Di samping itu, anda juga bisa menghadirkan dinding dengan semen unfinished, mengaplikasikan batu bata ekspos, atau membangun dinding berlapis grassblock. Ketiga jenis dinding ini dianggap mampu menerjemahkan kejujuran material berkat pesona alaminya yang sangat natural.

Konsep Rumah Bertema Tropis

Tahukah anda, konsep rumah masa kini di Indonesia masih didominasi oleh hunian bertemakan tropis. Rumah tropis diklaim mampu bekerja baik dengan kondisi lingkungan di negara kita yang kadang-kadang berhawa panas, berkelembaban tinggi, bercurah hujan deras, pergerakan angin yang cepat, dan lain-lain. Tidak hanya itu, sekarang juga mulai berkembang tren di mana rumah tropis tidak hanya memungkinkan rumah tidak panas dan tidak tempias hujan saja, tetapi juga mengedepankan aspek kenyamanan sebagai landasan utamanya. Sebagai contoh adalah dengan membangun langit-langit berukuran cukup tinggi, memastikan rumah memiliki banyak bukaan, menerapkan ventilasi udara secara silang, dan memakai jendela berdesain modern. Beberapa orang juga membangun secondary wall yang berfungsi sebagai penangkal terik matahari dan pendingin ruangan. Prinsip kerja model dinding seperti ini adalah dengan menyediakan udara segar di antara dua dinding, sehingga dinding di bagian dalam tidak terkena radiasi panas matahari.