Desain
Jul26

Ide Desain Teras Rumah Modern

desain-teras-rumah.jpg

Teras merupakan salah satu ruangan di rumah yang pertama kali menjadi perhatian ketika seseorang datang berkunjung. Pada umumnya, dekorasi teras hanya sebatas meletakkan pot-pot berisi tanaman dan bunga. Ada pula yang menambahkan sebuah ayunan untuk menghadirkan hawa santai di sana. Yang penting, gaya interior teras harus serasi dengan gaya rumah secara keseluruhan. Apabila rumah Anda bergaya minimalis, maka teras pun harus berpenampilan seperti ini juga.

Untuk mendapatkan inspirasi yang banyak, luangkan lah waktu melihat-lihat beberapa tips dan gambar desain rumah atau mengamatinya secara langsung dengan berjalan-jalan di sekitar komplek rumah Anda. Pembangunan teras baru harus memiliki konsep yang jelas dan berfungsi secara baik bagi seluruh penghuni rumah. Pertimbangkan model yang sesuai dengan situasi di sekitar rumah Anda. Permainan dekorasi untuk teras rumah bisa berupa pintu utama hingga pot tanaman.

Tujuan utama membangun dekorasi teras adalah menciptakan keseimbangan antara tampilan dengan fungsionalnya. Anda bisa berkonsultasi dengan arsitek rumah untuk mendapatkan gambaran ide yang benar-benar unik. Adapun untuk contoh ide teras secara umum, di antaranya :

  • Untuk rumah berukuran besar adalah teras yang mampu menciptakan keseimbangan pada bagian eksteriornya.

  • Untuk rumah yang berada di pinggir jalan raya, teras memanjang adalah pilihan terbaik.
  • Untuk rumah mungil, teras yang cocok adalah teras yang ditata semaksimal mungkin.

Perlu Anda ketahui, bahwa tampilan teras rumah juga angkat mengangkat nilai jual dari rumah tersebut secara signifikan.

Ketika membangun teras rumah, pilihlah material yang kuat dan tahan lama. Pertimbangkan apakah teras akan dibiarkan terbuka atau dibangun penutup di atasnya. Jika rumah yang akan dibangun teras berfungsi sebagai tempat tinggal utama, tambahkan barang-barang yang bisa mendukung kenyamanan Anda di sana, misalnya ayunan serta beberapa kursi dan meja. Sebaliknya, jika Anda jarang bersantai di teras, sebaiknya bangun teras berukuran kecil dan hijaukan dengan beberapa tanaman hias di sekitarnya.

Berikut ini beberapa ide untuk menghias teras bergaya modern:

1. Pintu

Anda bisa menggantungkan karangan bunga atau patung dari logam sebagai hiasan pintu utama. Jangan lupa untuk menambahkan busa lembut di belakangnya agar pintu tidak tergores. Pada rumah modern, tambahkan karpet atau anyaman bambu di depan pintu.

2. Pencahayaan

Agar tercipta suasana modern di teras rumah, pilih tempat lampu yang bergaya modern. Biasanya terbuat dari perunggu, krom atau stainless steel. Tempat lampu yang berwarna hitam juga merupakan ciri khas gaya modern. Hampir semua toko elektronik saat ini menjual beraneka bentuk tempat lampu yang menarik.

3. Furnitur

Saat memilih furnitur untuk melengkapi suasana teras modern, jangan sampai melewatkan rotan. Rotan berfungsi menciptakan suasana segar di desain yang terlihat kaku. Hindari menggunakan furnitur kayu yang ringan, seperti pinus. Pilih potongan furnitur yang ramping, garis sederhana dan rapi. Ganti bantal dengan motif bunga dengan yang berwarna putih atau hitam. Keberadaan meja juga bisa digantikan oleh bangku besi.

4. Tanaman

Pilih tanaman dengan arsitektur yang kuat untuk melengkapi garis-garis modern. Anda bisa membuat taman mini yang ditumbuhi rerumputan yang menghadirkan suasana segar di belakangnya. Tanaman lainnya adalah bambu, yang akan membuat desain modern rumah bergaya Asia. Boleh juga tanaman hias topiary yang bisa dipangkas menjadi bentuk-bentuk patung yang hidup.

Tags: desain rumah teras

Rate this article!

  • SHARE!

Related Posts