Desain
Dec12

Fresco! 7 Inspirasi Desain Rumah A la Italia

Keindahan desain rumah a la Italia terlahir dari perpaduan antara unsur alami, mewah, dan klasik yang saling menyatu. Yap, masyarakat Italia menjadikan rumahnya bukan sekadar tempat tinggal saja, namun sekaligus juga menjadi media kreatifitas diri. Tak heran, pesona rumah khas ini begitu menarik dan memiliki nilai seni yang sangat tinggi.

Sofa dan Kursi

rumah-italia.jpg

Penduduk Italia sangat menyukai detail yang indah. Anda bisa menirunya dengan memainkan detail tersebut pada bahan pelapis sofa dan kursi yang dekoratif. Hadirkan juga fortuny (kursi berlengan) sebagai tempat duduk utama. Usahakan model kursi yang dipilih memiliki ukiran-ukiran yang sederhana namun tampak elegan. Sebagai dudukannya, pastikan kursi dilengkapi bahan yang mewah dengan corak sulaman.

Perkakas Bergaya Vintage

desain-rumah-italia.jpg

Inspirasi kedua, anda dapat menambahkan berbagai perabotan bergaya vintage ke dalam interior rumah. Sebut saja kredensa khas Eropa dengan tambahan hiasan berupa bunga dan lilin di permukaannya. Agar lebih semarak, kredensa tersebut selanjutnya bisa dipermak lagi dengan aksen berupa foto, lukisan, dan kaca di sekitarnya.

Aksesoris Bergaya Rustic

rumah-italia-gaya-rustic.jpg

Gaya rustic lahir dari kealamian pesona dari bahan material yang tidak diberikan finishing. Sebagai contoh penggunaan ornamen berbahan perak, batu bata ekspos, dan kayu yang tidak dicat. Kesan yang dihasilkan oleh gaya ini membuat suatu benda nampak antik. Nah, salah satu kekhasan dari rumah-rumah Italia adalah penerapan gaya rustic ini sebagai aksen yang menarik.

Meja Makan Outdoor

rumah-italia-outdoor.jpg

Pernahkah anda menonton tayangan film yang menggambarkan suasana di Negara Italia? Jika anda perhatikan, masyarakat di negara ini senang menikmati makanannya di luar ruangan, terutama di Kota Roma. Bayangkan betapa sempurnanya menikmati aneka hidangan ini di pelataran rumah berlantai konblok, di bawah naungan rimbunan pohon, suara gemericik sungai, dan cicit burung yang bersahut-sahutan. Anda bisa memberikan sentuhan a la Italia ke halaman rumah dengan ide-ide ini.

Barang-barang Antik

gambar-rumah-italia.jpg

Barang-barang antik sangat identik dengan benda bernilai seni tinggi. Anda dapat menghadirkan furnitur antik ini di rumah, mulai dari kursi-kursi klasik, meja antik, atau bahkan pintu ganda yang dekoratif. Buatlah kehadiran barang-barang ini menjadi titik fokus ruangan yang menarik di rumah anda.

Teras Loggia

contoh-rumah-italia.jpg

Secara prinsipnya, bentuk teras loggia ini mirip seperti balkon. Anda dapat melengkapinya dengan atap dan pagar. Fungsi ruangan ini adalah sebagai tempat bersantai ketika pagi dan sore hari, dengan menikmati keindahan panorama dan semilir angin.

Batu Alam Ekspos

desain-interior-rumah-italia.jpg

Jika anda ingin menciptakan rumah bernuansa alam pedesaan Italia, kuncinya ada pada penggunaan batu alam ekspos sebagai hiasan eksterior rumah. Cobalah menerapkan batu alam ini di dinding eksterior dan pagar. Jangan lupa, tutupi juga jalan setapak dengan susunan kerikil.