Desain
Aug2

Desain Rumah Industrial dengan Dinding Unfinished

Apakah Anda tertarik dengan desain rumah industrial? Elemen penting yang ada di rumah bergaya industrial salah satunya adalah dinding belum selesai (unfinished). Dinding ini dibiarkan berupa pasangan bata begitu saja atau hanya dilapisi menggunakan acian semen. Dinding unfinished sama sekali tidak dihiasi dengan cat. Namun untuk melindungi permukaannya, beberapa desainer ada yang melapisi dinding tersebut memakai coating yang transparan.

Dinding unfinished biasanya digunakan untuk menyempurnakan desain rumah industrial yang ingin dibuat. Dinding ini dinilai mampu menjawab kebutuhan gaya industrial yang menonjolkan keberadaan sistem bangunan. Gaya industrial justru mengekspos dinding yang dibiarkan belum selesai, rangka bangunan, tiang-tiang penyangga, saluran angin, instalasi kabel, dan lain-lain. Di situlah keunikan dari desain rumah yang kini tengah menjadi tren di Indonesia ini.

desain-rumah-gaya-industrial.jpg

Silakan Anda coba mengaplikasikan kiat-kiat di bawah ini untuk mendesain rumah yang bergaya industrial dengan dinding unfinished!

Kiat 1. Gunakan Teknik Finishing yang Cocok

Berdasarkan tampilan luar yang diperlihatkannya, dinding unfinished terbagi menjadi dua macam yaitu dinding abu-abu dengan satu tone serta dinding abu-abu dengan tone yang berbeda-beda. Meskipun perbedaannya sangat tipis, masing-masing dari dinding unfinished tersebut membawa keunikannya sendiri. Beberapa teknik dekorasi yang bisa diterapkan antara lain polished concrete wall, seamless concrete wall, faux concrete wall, dan fibre cement wall. Ada pula dinding unfinished yang dipadukan dengan dinding bertekstur untuk memberikan kesan yang mendalam.

Kiat 2. Pilih Ruangan yang Sesuai Perencanaan

Sebenarnya dinding unfinished bisa diterapkan di ruangan apapun. Tidak masalah apakah itu ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, kamar mandi, atau dapur. Tetapi sebelum merealisasikannya, Anda perlu membuat perencanaan terlebih dahulu ruangan mana yang sebaiknya dilengkapi dinding unfinished agar gaya industrial di rumah Anda dapat tercipta dengan baik. Adapun ruangan yang paling sering dihiasi dinding unfinished ialah ruang tamu. Nilai estetika yang terkandung di dalam dinding ini dijamin langsung menarik perhatian dan membuat rumah Anda tampak unik.

Kiat 3. Mau Aksen atau Seluruh Dinding?

Di samping sebagai dinding aksen/penghias, dinding unfinished juga dapat diaplikasikan ke seluruh dinding ruangan. Anda harus mempertimbangkan pilihan ini dengan matang. Jika memilihnya sebagai aksen, padukanlah dinding unfinished tersebut dengan desain lain supaya nilai keindahannya terangkat. Misalnya Anda bisa mengombinasikan dinding unfinished bersama gaya modern, minimalis, klasik, glamour, eropa, atau gaya lainnya. Berbeda dengan penerapan dinding unfinished ke seluruh ruangan yang mampu memberikan kesan industrial yang begitu kuat.

Kiat 4. Hiasi dengan Ornamen yang Tepat

Selalu ingat bahwa tujuan Anda membangun dinding unfinished ialah menciptakan desain interior yang bergaya industrial. Jadi ketika akan menghiasinya dengan ornamen-ornamen tertentu, sebisa mungkin ornamen tersebut dapat memperkuat kesan industrial. Anda bisa bermain menggunakan tone warna, hiasan dinding, dan material untuk memperindah dekorasinya. Selalu gunakan aksesori yang menonjolkan bahan baku yang dipakai. Anda juga sebaiknya memilih aksesori yang benar-benar disukai untuk menghiasi rumah supaya tampilan yang tercipta nanti benar-benar menggambarkan diri Anda, tampak menarik, dan tidak membosankan.