Desain
Jul9

Mudahnya Membangun Desain Ruang Tamu Minimalis

desain-ruang-tamu-minimalis.jpg

Berbicara mengenai desain ruang tamu minimalis yang sempurna, Anda bisa mendesainnya dengan mudah menggunakan perpaduan antara imajinasi Anda dan inspirasi desain di bawah ini. Sebelum kita memulainya, mari kita cari tahu lebih dulu, apa sih desain minimalis itu? Seperti namanya, desain minimalis merupakan suatu desain yang memanfaatkan dimensi ruangan sehemat mungkin. Artinya, untuk menata ruang dengan desain ini, Anda perlu memikirkan secara matang benda-benda apa saja yang akan menempati ruangan. Misalnya untuk memilih meja yang akan digunakan tidak perlu sebesar meja makan, tetapi cukup meja yang bisa menampung kopi dan beberapa cemilan ringan sebagai hidangan untuk tamu. Jadi meja berukuran besar tidak terlalu penting di ruangan ini.

Untuk benda-benda lainnya, Anda bisa menyesuaikannya menurut kebutuhan dan selera pribadi. Anda bisa saja meletakkan rak buku sebagai aksen utama, TV Plasma yang canggih, atau mungkin sebatang tanaman berbunga indah. Itulah kenapa dalam memilih furnitur untuk ruang minimalis, sebaiknya yang memiliki bentuk sederhana sehingga tidak akan merusak nilai minimalis meski ukurannya cukup besar. Nilai kesederhanan inilah yang penting untuk dipertahankan dalam ruangan minimalis. Gunakan selera Anda agar furnitur yang dipilih masih bisa mengangkat nilai elegan dan estetika ruang tamu. Hal lain yang tak kalah penting dalam mendesain ruangan bergaya minimalis adalah pemilihan warna. Gunakan warna cukup satu, dua, atau kombinasi warna senada sebagai penghias ruangan. Hindari menggunakan motif hewan atau bentuk benda yang berbeda-beda.

Biasanya ruang tamu bergaya minimalis juga memasukkan unsur teknologi mutakhir di dalamnya. Seperti TV tipis berukuran besar, furnitur bergaya modern, serta beberapa hiasan modern yang terlihat sederhana, contohnya tempat lilin. Meja kaca dan kursi futuristik juga sangat bagus digunakan di ruangan ini. Adapun untuk warna aksesoris yang sesuai yaitu hitam, putih, abu-abu, dan kombinasi dari salah satu warna ini dengan warna hangat (merah, pink, dan jingga).

Di bawah ini merupakan salah satu contoh bagaimana langkah-langkah menata ruang tamu berdesain minimalis :

  1. Pilih furnitur yang berbentuk sederhana termasuk kursi dan meja. Anda bisa memilih furnitur yang sudah banyak tersedia di pasaran maupun membuatnya dengan desain sendiri (build-in).

  2. Apabila memilih sofa daripada kursi kayu, pilih sofa dengan desain yang simple. Pilih set sofa yang terdiri dari empat buah kursi maupun set sofa yang membentuk huruf L dengan salah satunya berukuran lebih panjang.
  3. Untuk meja tamu, Anda bisa menggunakan tema klasik dengan bentuk kubus tanpa ornamen. Biasanya terbuat dari bahan kayu jati. Agar terlihat lebih mewah, ganti bagian atas meja dengan kaca, akrilik, atau logam.
  4. Tempatkan karpet bergaya modern untuk menutupi lantai dan biarkan dinding tetap bersih tanpa hiasan yang berwarna-warni.
  5. Gunakan cat dinding berwarna netral
  6. Pilih lampu dan kap lampu sederhana. Apabila Anda menginginkan hiasan di lampu, gunakan keramik polos, kuningan, atau besi yang ditempa.
  7. Usahakan cahaya lampu bisa menyinari seluruh ruangan. Boleh juga menempatkan lilin di salah satu dinding untuk memberikan efek cahaya yang romantis.
  8. Pasang gorden tipis berwarna terang di jendela ruangan. Opsi lainnya bisa dengan membiarkan jendela cermin tetap kosong tanpa gorden dan besi.
Tags: ruang tamu
  • SHARE!

Related Posts