Desain
Jun19

Tips Menata Desain Ruang Tamu Kecil

Sponsored Links

desain-ruang-tamu-kecil.jpg

Apabila Anda ingin menata desain ruang tamu kecil, kemungkinan hiasan-hiasan yang Anda gunakan adalah furnitur, mebel, dan perlengkapan lain yang berukuran kecil juga. Memang tidak ada yang keliru dalam pemilihan antara ruang dan furnitur dengan perbandingan seperti ini. Tetapi, langkah ini bukan merupakan sebuah kemutlakan yang harus dituruti, sebab ada cara lain yang lebih cerdas dalam pemilihan furnitur ruang tamu mungil.

Merancang dekorasi untuk ruangan sempit memang sangat menantang. Terlebih jika Anda berhasil menemukan benda yang serasi dengan ruangan. Nah, berikut ini beberapa teknik yang bisa Anda lakukan, bagaimana cara menata ruang tamu, meski berukuran kecil namun tetap terjaga kenyamanannya :

1. Gunakan Warna Cat Dinding yang Lembut

Langkah pertama dalam mendesain ruang tamu adalah pemilihan warna cat dinding. Selalu gunakan lah warna lembut pada ruangan sempit sehingga kesan lapang bisa tercipta. Untuk contoh warna lembut yaitu hijau, biru, dan kuning. Sementara itu, agar dinding lebih bergaya dan tidak terlalu monoton, Anda bisa menggunakan warna gelap sebagai selingannya. Sebagai contoh Anda bisa menggunakan merah dan coklat sebagai aksen ruangan.

2. Manfaatkan Cermin dan Kaca

Penempatan cermin dalam ruangan mampu menghasilkan kesan ruang baru yang bersifat semu (tidak nyata). Begitu juga dengan kaca, kaca mampu menyatukan dua ruangan secara cepat, sehingga suasana ruangan menjadi lebih terbuka. Jika Anda memanfaatkan dua benda ini di dalam desain ruang tamu Anda, maka kesan ruangan yang luas pun akan mudah dimiliki. Cermin berukuran besar biasanya dipasang di dinding dengan mengarahkannya ke depan hiasan utama ruangan. Sementara itu untuk elemen kaca, bisa Anda peroleh dari furnitur meja kaca ataupun partisi pengganti dinding.

3. Hindari Menggunakan Furnitur Berat dan Penuh Warna

Jika Anda menginginkan ada sofa di ruang tamu, pilih yang berbobot ringan dan berwarna monokrom. Hindari meletakkan furnitur yang berwarna-warni dan berbeda-beda satu sama lain. Penggunaan hiasan yang penuh warna justru menciptakan kesan berantakan di dalam ruangan, dan ini tentu bukan ide yang bagus untuk dekorasi ruang tamu Anda.

4. Gunakan Gorden Tipis

Ingatlah untuk selalu membersihkan kaca jendela di rumah Anda. Sebab, rumah mungil membutuhkan pencahayaan yang maksimal agar tidak terasa sempit. Begitu juga untuk penggunaan gorden sebagai hiasan jendela. Usahakan kain gorden yang dipasang mampu ditembus oleh cahaya sehingga tidak menghalangi sinar matahari masuk ke dalam ruangan.

5. Pilih Furnitur Serbaguna

Ruang tamu ukuran kecil memerlukan ruang gerak yang cukup banyak agar penghuninya merasa nyaman. Karena itulah, sebisa mungkin Anda menghindari peletakan furnitur yang berlebihan di dalam ruangan ini. Anda bisa menggunakan furnitur built-in sehingga fungsi dari furnitur yang dipergunakan bisa diperoleh secara maksimal.

6. Pilih Aksesoris yang Tepat

Meskipun ruangan berukuran sempit, bukan berarti Anda harus menghilangkan aksesoris ruangan dari desain ruangan Anda. Penggunaan aksesoris sangat penting sebagai penghidup suasana ruangan. Yang terpenting, gunakan aksesoris sewajarnya dan bisa menciptakan kesan lebih luas. Misalnya saja, Anda bisa menggunakan meja kaca, cermin hias, dan item lainnya yang mampu menambah dimensi ruang tamu di rumah Anda.

Sponsored Links
  • SHARE!

Related Posts