Desain
Jul15

Bagaimana Cara Mendesain Ruang Kerja di Rumah?

desain-ruang-kerja.jpg

Ruang kerja adalah ruangan yang berfungsi untuk mendukung Anda selama bekerja. Untuk membangun ruang kerja di dalam rumah, Anda bisa memanfaatkan salah satu sudut rumah atau ruangan yang terpisah dari bangunan utama. Penambahan furnitur, aksesoris, dan pengaturan tata letak ruangan dilakukan secara matang guna menciptakan energi positif yang bisa memacu tingkat produktifitas Anda.

Adapun aspek yang paling penting untuk diperhatikan saat menata ruang kerja adalah suasana dan furnitur yang digunakan. Penciptaan suasana perlu dikondisikan sesuai dengan jenis pekerjaan Anda saat ini. Apakah Anda adalah seorang seniman, arsitek, akuntan, penulis, manajer bisnis atau apapun. Sedangkan untuk pemilihan furnitur yang tepat, Anda bisa berfokus pada perabotan yang multifungsi. Pilih furnitur yang tidak hanya membuat Anda betah selama di ruang ini, tetapi juga mampu menurunkan risiko kejenuhan dan mengatasi ketegangan mata.

Sebagai aksesoris ruangan, pilih hiasan yang tidak terlalu mengalihkan perhatian Anda. Lukiskan cat berwarna cerah dan segar pada dinding, misalnya kuning yang mampu meningkatkan energi dan memperbaiki suasana hati. Jika Anda menginginkan suasana kerja yang penuh ketenangan, pertimbangkanlah menggunakan warna hijau pucat. Warna ini mampu meringankan pikiran Anda tanpa membuat Anda merasa terlalu santai sehingga produktifitas menurun. Selain itu, ruang kerja juga setidaknya harus memiliki satu buah jendela. Hal ini agar sinar matahari bisa dengan mudah masuk ke ruangan serta membantu Anda tetap segar dan terhindar dari mata merah akibat menatap LCD komputer secara terus menerus.

Untuk menjaga keseimbangan tata letak di dalam ruang, pastikan ruangan masih memiliki sisa ruang yang cukup longgar setelah diisi dengan meja, komputer dan beberapa perangkat elektronik lainnya, materi pekerjaan serta kursi duduk Anda. Jika ruang kerja berukuran kecil tetapi Anda membutuhkan tempat penyimpanan dalam jumlah yang banyak, Anda bisa memanfaatkan ruang vertikal dinding dengan memasang rak-rak menggantung atau meletakkan rak buku yang tinggi. Atur masing-masing item ke dalam satu kelompok agar rapi dan mudah ditemukan. Hindari menumpuk pekerjaan di atas meja dan lantai. Buang semua kertas yang sudah tidak Anda perlukan lagi agar ruangan tidak terlihat berantakan.

Di dalam mendesain ruangan kerja, pastikan ruangan Anda terlihat menarik dan nyaman. Jika masih ada ruang yang tersisa, Anda bisa menambahkan sofa sebagai tempat istirahat. Hiasi ruangan dengan gambar dan benda yang bisa meningkatkan semangat kerja Anda. Entah itu foto keluarga, buku, kalender pengingat waktu maupun kutipan-kutipan dari tokoh ternama. Pastikan ruang kerja memiliki fokus utama agar Anda terhindar dari melamun. Selamat mencoba.